In-depth

5 Pembelian Tengah Musim Aktif Liga Inggris Terbaik, Trossard Sudah Pantas Masuk?

Minggu, 9 April 2023 00:40 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/John Sibley
Membeli pemain di bursa transfer musim dingin biasanya tidak akan berujung dengan keuntungan. Bahkan bagi klub Liga Inggris yang punya perhitungan matang. Foto: REUTERS/John Sibley Copyright: © Reuters/John Sibley
Membeli pemain di bursa transfer musim dingin biasanya tidak akan berujung dengan keuntungan. Bahkan bagi klub Liga Inggris yang punya perhitungan matang. Foto: REUTERS/John Sibley

INDOSPORT.COM - Membeli pemain di bursa transfer musim dingin biasanya tidak akan berujung dengan keuntungan. Bahkan bagi klub Liga Inggris yang punya perhitungan matang.

Seringkali pemain incaran akan sangat sulit untuk dinegosiasikan karena klub pemilik cenderung kehilangan bintang mereka di tengah musim. Oleh karenanya harga beli hampir dipastikan mengalami inflasi.

Ketika sukses dibeli, pemain juga terkadang terganggu dengan proses adaptasi. Kultur fans yang juga semakin tidak sabar pun dengan mudah melabeli mereka dengan transfer gagal.

Namun tidak semua mereka yang pindah di bursa transfer musim dingin sudah pasti jadi pesakitan. Contohnya saja Leandro Trossard yang Arsenal boyong dari Brighton and Hove Albion pada Januari 2023 lalu dan dengan cepat menjadi bagian integral The Gunners menuju trofi Liga Inggris pertama dalam dua dekade terakhir.

Rasanya agak terlalu cepat menilai Trossard pantas dianggap sebagai pembelian winter window terbaik. Pasalnya masih ada kelima pemain Liga Inggris aktif berikut ini yang sudah lebih lama membuktikan diri jika mereka sanggup mematahkan kutukan musim dingin.

5. Bruno Guimaraes (Newcastle United)

Begitu Newcastle United menyelesaikan perpidahan kepemilikan dari Mike Ashley ke anggota kerajaan Arab Saudi, langkah pertama yang dilakukan di bursa transfer adalah mendatangkan Bruno Guimaraes.

Gelandang bertahan berpaspor Brasil tersebut dibeli dari Lyon pada Januari 2022 lalu seharga 42,1 juta Euro dan dengan segera menyemen satu tempat di starting XI The Magpies.

Musim ini peran Guimaraes semakin terlihat vital. Dengan skuad yang relatif masih belum sempurna, Newcastle dibawanya menuju finis empat besar Liga Inggris dengan tiga gol dan empat assist dari 23 penampilan.

Guimaraes juga harusnya bisa menuntun Newcastle pada trofi pertama mereka sejak 1955 dengan menembus final Carabao Cup 2023 namun sayangnya mereka harus tunduk di hadapan Manchester United.

Meski demikian itu semua masih bisa dianggap prestasi. Newcastle adalah tim muda yang baru memulai rebuild dan Guimaraes membuktikan jika ia adalah pondasi yang pas untuk proyek tersebut.