Bola Internasional

Absen di SEA Games 2023, Timnas Indonesia Putri Jadi Sorotan Media Vietnam

Minggu, 9 April 2023 11:57 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia Putri kembali menjadi sorotan media Vietnam lantaran memutuskan tidak berpartisipasi di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia Putri kembali menjadi sorotan media Vietnam lantaran memutuskan tidak berpartisipasi di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia Putri kembali menjadi sorotan media Vietnam lantaran memutuskan tidak berpartisipasi di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Sebentar lagi bakal segera digelar pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara bertajuk SEA Games 2023. Tepatnya di Phnom Penh, Kamboja, pada 5 sampai 17 Mei 2023.

Kamboja selaku tuan rumah telah mengumumkan cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada SEA Games edisi ke-32 tersebut.

Tercatat bahwa Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023 menggelar total 44 cabor dengan 632 nomor pertandingan. Salah satunya adalah sepak bola putri.

Berdasarkan drawing yang dilakukan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (05/04/23), total ada sembilan negara berpartisipasi yang terbagi ke dalam dua grup.

Di Grup A, ada lima negara tergabung yakni Vietnam, Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Indonesia. Sementara di Grup B terdiri dari Kamboja, Thailand, Singapura, dan Laos.

Hanya saja, timnas Indonesia putri kemudian dinyatakan mundur dari SEA Games 2023 usai adanya drawing yang telah dilakukan.

Kabar itu diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) dalam unggahan di halaman facebook. Meskipun tak diketahui pasti alasan absennya timnas Indonesia putri.

Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyando Hakim, menjelaskan bahwa timnas Indonesia putri tidak mundur tapi memang absen di ajang ini.

Terkait drawing, Lexyando Hakim menjelaskan ada kesalahpahaman dari panitia penyelenggara drawing dan federasi sepak bola Kamboja.

Meski demikian, media Vietnam, Vietnam Express, ikut menyoroti absennya timnas putri Indonesia dari SEA Games 2023.