Bola Internasional

Pemain Timnas U-20 dapat Beasiswa Kuliah hingga S2, Netizen Senggol Hokky Caraka

Minggu, 9 April 2023 17:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pemain Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka mengaku sempat meninggalkan bangku sekolah demi mengejar cita-cita main di Piala Dunia U-20. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pemain Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka mengaku sempat meninggalkan bangku sekolah demi mengejar cita-cita main di Piala Dunia U-20. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Para pemain timnas Indonesia U-20 yang batal bertanding di Piala Dunia U-20 mendapat beasiswa kuliah hingga S2. Netizen senggol Hokky Caraka.

Diketahui, timnas Indonesia U-20 batal bertanding di Piala Dunia U-20 2023, karena FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah ajang bergengsi ini.

Padahal, para pemain yang masih berusia muda itu sudah cukup lama meninggalkan bangku sekolah untuk mengikuti pemusatan latihan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Salah satu pentolan timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka mengaku khawatir jika sepak bola Indonesia mendapat sanksi dari FIFA, sehingga kariernya juga ikut terancam.

Maklum, Hokky Caraka yang pernah menimba ilmu sepak bola di Inggris, sudah cukup lama meninggalkan bangku sekolah, demi mengejar karier di lapangan hijau.

"Saya sendiri sudah tiga tahun sudah ninggalin sekolah demi (timnas) Indonesia. Kalau ini di-banned saya nggak punya ilmu apa-apa," ungkap Hokky lewat KompasTV.

"Nggak punya bekal untuk menjadi profesi apa. Soalnya kita tiga tahun cuma ngerjain tugas terus, enggak tahu gimana isinya pembelajaran. Ya itulah, pengorbanan."

Keluh kesah Hokky Caraka juga dirasakan oleh pemain lainnya di timnas Indonesia U-20. Alhasil, banyak pihak yang ingin menjamin pendidikan para pemain ini.

Salah satunya datang dari Universitas Negeri Surabaya yang memberi beasiswa kuliah kepada penggawa timnas Indonesia U-20, bahkan sampai Strata 2 atau S2.