Liga Indonesia

Performa Ryo Matsumura Menurun, Pengaruh Nego Kontrak dengan Persis Solo Buntu?

Senin, 10 April 2023 04:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
© Persis Solo
Selebrasi para pemain Persis Solo saat mencetak gol ke gawang Borneo FC di Liga 1. Foto: Persis Solo Copyright: © Persis Solo
Selebrasi para pemain Persis Solo saat mencetak gol ke gawang Borneo FC di Liga 1. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Sinyal metoknya negosiasi perpanjangan kontrak Persis Solo dengan Ryo Matsumura mulai terlihat. Performa Ryo Matsumura dalam dua partai di Liga 1 2022/2023 menurun dan terkesan menghindari duel fisik.

Publik Solo dibuat terkejut saat partai melawan Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (8/4/23). Ryo yang ada di starting eleven hanya bermain kurang dari 30 menit.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, menarik Ryo dan memasukkan Arapenta Poerba. Pergantian ini menjadi salah satu pembahasan paling ramai di media sosial.

Pasalnya, saat Ryo diganti Arapenta, Persis Solo dalam posisi tertinggal 1-2. Jelas, dalam situasi normal, Ryo sebagai pengoleksi sebelas gol dan tujuh assist dibutuhkan untuk mengejar ketertinggalan.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa sebelum pergantian dilakukan, Leonardo Medina terlihat memarahi Ryo. Situasi ini tak tertangkap kamera televisi.

Gestur tangan Leonardo meminta Ryo untuk bergerak turun dan tak hanya menunggu bola di depan.

Teriakkan Leonardo Medina direspons Ryo dengan mengangkat kedua tangannya dan berkata sesuatu, namun tak terdengar dari tribun media, tempat resporter Indosport.com berada.

Leonardo yang marah-marah kemudian meminta Arapenta Poerba melakukan pemanasan di lapangan. Setelah diganti, Ryo langsung berganti baju dan duduk di bangku VIP bersama para pemain yang tidak bermain.

Menariknya, saat turun dari tribun VIP, ternyata di ujung tangga ada Leonardo Medina yang sedang berbincang dengan istrinya. Ryo pun kemudian menghampiri sang pelatih dan keduanya saling bersalaman.

Dalam jumpa pers, Leonardo Medina pun menjelaskan situasi dari pergantian Ryo Matsumura. Secara terang-terangan Leonardo Medina membeberkan alasan utama mengganti bintang Persis Solo musim ini.

"Pergantian itu merupakan bagian dari kebutuhan taktikal. Saya butuh pemain yang bisa merepresentasikan spirit Sambernyawa," kata Leonardo Medina.