Liga Inggris

Demi 4 Besar Jurgen Klopp Siap Patenkan Alexander-Arnold Jadi Gelandang, Begini Formulanya

Senin, 17 April 2023 13:40 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
© Reuters/Phil Noble
Di tengah situasi sulit yang dihadapi Liverpool di Liga Inggris, Jurgen Klopp justru memiliki rencana untuk melibatkan Trent Alexander-Arnold sebagai gelandang. Copyright: © Reuters/Phil Noble
Di tengah situasi sulit yang dihadapi Liverpool di Liga Inggris, Jurgen Klopp justru memiliki rencana untuk melibatkan Trent Alexander-Arnold sebagai gelandang.

INDOSPORT.COM – Di tengah situasi sulit yang dihadapi Liverpool, Jurgen Klopp justru memiliki rencana untuk melibatkan Trent Alexander-Arnold sebagai gelandang.

Pada pertandingan melawan Arsenal, Minggu (09/04/23) Jurgen Klopp justru meminta Trent Alexander-Arnold untuk bermain lebih banyak di lini tengah dengan peran pemain 'nomor 6'.

Keputusan ini merupakan hasil dari refleksi Jurgen Klopp dalam menyikapi pola permainan Arsenal dan Manchester City.

Harapannya, Trent Alexander-Arnold bisa menjalankan peran seperti halnya Oleksandr Zinchenko di Arsenal atau John Stones di Manchester City.

Tujuannya agar Trent Alexander-Arnold bisa menciptakan ruang dan opsi sembari mengirimkan umpan-umpan pendek dan cepat untuk pemain Liverpool lainnya.

Meski pada masa lalu dia telah menjalankan peran ini di Liverpool, tetapi perbedaannya adalah rencana permainan yang strategis dan lebih disengaja.

Setelah menerima peran baru itu, Trent Alexander-Arnold tampak lebih bisa memengaruhi permainan.

Namun, rencana memainkan Alexander-Arnold sebagai gelandang tidak sepenuhnya lancar. Terdapat momen ketika dia harus mengatasi tekanan dari Arsenal.

Bahkan, ada momen di mana pemain timnas Inggris itu mendapat kawalan dari empat pemain Arsenal demi menutup ruang untuk memberikan umpan.

Kendati demikian, secara keseluruhan rencana Jurgen Klopp untuk menyamai sistem Mikel Arteta dan Pep Guardiola dengan menempatkan Trent Alexander-Arnold di lini tengah masih belum optimal.