Liga Inggris

Ngerinya Trent dengan Peran Baru, Liverpool Tak Lagi Butuh Gelandang Anyar?

Selasa, 18 April 2023 15:24 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters/Carl Recine
Jurgen Klopp kembali memberikan peran baru kepada Trent Alexander-Arnold ketika Liverpool melibas Leeds United, Selasa (18/4/23) dini hari. Copyright: © Reuters/Carl Recine
Jurgen Klopp kembali memberikan peran baru kepada Trent Alexander-Arnold ketika Liverpool melibas Leeds United, Selasa (18/4/23) dini hari.

INDOSPORT.COM - Pelatih Jurgen Klopp kembali memberikan peran baru kepada Trent Alexander-Arnold ketika Liverpool melibas Leeds United, Selasa (18/4/23) dini hari WIB.

Bertanding dengan status tim tamu, Liverpool justru tampil begitu mendominasi dan sukses menyarangkan enam gol.

Menariknya, dalam kemenangan besar itu Jurgen Klopp kembali memberikan kesempatan bagi Trent Alexander-Arnold untuk menjalankan peran baru di Liverpool.

Trent Alexander-Arnold yang biasanya bermain sebagai bek kanan Liverpool, kini mulai menjalankan peran sebagai inverted full-back.

Keputusan Jurgen Klopp untuk memberikan peran inverted full-back kepada Trent Alexander-Arnold tak lepas dari strategi yang digunakan oleh Pep Guardiola dan Mikel Arteta.

Sebagai pengantar, bek sayap merupakan pemain terlebar dalam skema embat bek yang lebih banyak menghabiskan sebagian waktu di area lebar, baik ketika menyerang atau bertahan.

Tapi, sebagai inverted full-back seorang bek sayap akan bergerak ke ruang tim ketika tim sedang menguasai bola. Tujuannya agar bisa menambah kehadiran ekstra di tengah lapangan.

Selain itu, peran ini juga mampu memaksimalkan kemampuan Trent dalam memberikan umpan-umpan untuk dialirkan ke lini depan.

Seperti pada pertandingan melawan Leeds, Trent tampil begitu mengesankan sebagai inverted full-back.

Bahkan, Trent Alexander-Arnold juga mampu mencatatkan statistik mengesankan termasuk memberikan 50 assist dari seluruh penampilannya untuk Liverpool.