In-depth

Kiprah AC Milan di Semifinal Liga Champions, Berapa Kali Tembus Final?

Rabu, 19 April 2023 19:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Ciro De Luca
Penyerang AC Milan, Olivier Giroud dirangkul oleh pemain Napoli di Liga Champions. Copyright: © REUTERS/Ciro De Luca
Penyerang AC Milan, Olivier Giroud dirangkul oleh pemain Napoli di Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Mengenang kiprah AC Milan di semifinal Liga Champions pasca keberhasilannya lolos ke babak tersebut di musim 2022/23 ini.

AC Milan akhirnya kembali ke babak semifinal Liga Champions, setelah menaklukkan rival senegaranya, Napoli, dengan agregat 2-1.

Kepastian lolosnya tim berjuluk Rossoneri ini tak lepas dari hasil imbang 1-1 di leg kedua melawan Napoli, Kamis (19/04/23) dini hari.

Bertanding di markas lawannya itu, tim arahan Stefano Pioli ini unggul terlebih dulu lewat Olivier Giroud di menit ke-43, yang berhasil membalas kegagalannya mengeksekusi penalti di menit ke-22.

Napoli yang sudah tertinggal agregat 0-2 pun punya kesempatan untuk memperkecil agregat di menit ke-82. Sayang, Khvicha Kvaratskhelia gagal mengekskusi penalti.

Meski Victor Osimhen akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-90+3 dan membuat skor menjadi 1-1, tetap saja Napoli harus tersingkir karena kalah agregat 1-2 dari AC Milan.

AC Milan sendiri bisa unggul agregat karena di leg pertama yang digelar di San Siro, mereka berhasil menang dengan skor 1-0.

Berkat keunggulan agregat ini, AC Milan pun berhak melangkah ke babak empat besar atau babak semifinal Liga Champions 2022/23.

Keberhasilan ini membuat AC Milan untuk pertama kalinya bisa menyentuh babak ini sejak terakhir kali terjadi pada Liga Champions 2006/07.

Dalam sejarah Liga Champions dengan format baru, AC Milan tergolong rajin lolos ke babak semifinal sejak 1992, yakni sebanyak 7 kali. Lalu, bagaimana kiprah Rossoneri di babak semifinal kompetisi itu?