Liga Indonesia

Rumor Eks Sporting Braga Ramai Dibahas, PSIS Semarang Kembali Bongkar Lini Belakang

Minggu, 30 April 2023 22:21 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
PSIS Semarang resmi melepas pemain muda Kartika Vedhayanto jelang Liga 1 musim 2023-2024. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
PSIS Semarang resmi melepas pemain muda Kartika Vedhayanto jelang Liga 1 musim 2023-2024.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang kembali membongkar lini belakang dengan melepas Kartika Vedhayanto jelang Liga 1 2023-2024. Bek yang sempat dipanggil Timnas Indonesia U-22 ini resmi dilepas di tengah rumor merapatnya eks Sporting Braga, Pedro Monteiro.

Vedha, sapaan akrabnya, menjadi salah satu satu pemain yang jarang tampil dalam dua musim terakhir. Situasi itulah yang menjadi dasar PSIS Semarang melepas Vedha.

Pada Liga 1 2021-2022, Vedha hanya main enam kali dengan rincian tiga kali inti dan tiga kali jadi pemain pengganti. Sementara pada Liga 1 2022-2023, Vedha main tujuh kali dengan rincian sekali inti dan enam kali jadi pemain pengganti.

Vedha pun harus menyusul para pemuda lain, seperti Yofandani Damai Pranata, Meru Kimura dan Reza Irfana yang lebih dahulu dilepas.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengatakan keputusan ini diambil sebagai bagian dari evaluasi atas kinerja tim musim lalu.

"Evaluasi untuk melepas pemain belum selesai. Kali ini Kartika Vedhayanto yang terkena evaluasi dan kami lepas," ucap Yoyok Sukawi, Minggu (30/4/23).

Vedha baru berusia 21 tahun. Ia memiliki potensi besar untuk terus berkembang. Buktinya, Indra Sjafri sempat meliriknya untuk Timnas U-22 proyeksi SEA Games 2023.

Makanya, Yoyok Sukawi berharap besar atas keputusan ini. Yoyok ingin Vedha bersama para pemain muda lain bisa berkembang dan mendapat menit bermain di klub lain.

Bukan tak mungkin bahwa suatu saat para pemain tersebut bisa gabung PSIS lagi. Hal ini sering terjadi dalam perjalanan PSIS di kompetisi Tanah Air.

"Sama seperti pemain muda lainnya yang kami lepas, karier Vedha masih panjang sehingga kami doakan Vedha tetap diberi kesuksesan di klub barunya dan kami juga mengucapkan terima kasih atas dedikasinya selama ini di PSIS," tutur Yoyok Sukawi.