Bola Internasional

Perjalanan Gemilang Urawa Red Diamons Juarai Liga Champions Kali Ketiga

Senin, 8 Mei 2023 12:14 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© JLeague
Urawa Red Diamonds resmi menahbiskan diri sebagai penguasa Asia musim ini usai jadi juara Liga Champions Asia 2022! Copyright: © JLeague
Urawa Red Diamonds resmi menahbiskan diri sebagai penguasa Asia musim ini usai jadi juara Liga Champions Asia 2022!

INDOSPORT.COM - Urawa Red Diamonds resmi menahbiskan diri sebagai penguasa Asia musim ini usai jadi juara Liga Champions Asia 2022!

Liga Champions Asia musim 2022 memang dihelat pada tahun 2022 sampai 2023, dengan AFC akan mengubah kalender sepak bola mereka mulai musim depan.

Gelaran Liga Champions Asia akan dihelat dengan kalender yang sama dengan sepak bola Eropa, mulai musim panas sampai musim gugur, dengan final edisi 2022 digelar pada tahun 2023.

Wakil Meiji Yasuda J1 League, Urawa Red Diamonds, berhasil jadi juara dengan menang agregat gol 2-1 lawan wakil Arab Saudi, Al-Hilal.

Perjalanan ke Final

Urawa Red Diamonds lolos ke gelaran Liga Champions Asia langsung ke babak grup usai jadi juara Piala Kaisar Jepang 2021.

Setan Merah dari Saitama tergabung di Grup F bersama Daegu FC (Korea Selatan), Lion City Sailors (Singapura), dan Shandong Taishan (Cina), dengan laga dihelat di satu tempat yaitu di Buriram, Thailand.

Dalam enam laga babak grup, Urawa Reds mengoleksi empat kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah, mendapatkan 13 poin, sama dengan koleksi Daegu FC. Urawa Reds hanya jadi runner-up grup karena kalah head-to-head, meski tetap berhasil lolos ke babak gugur.

Di babak gugur, Urawa Reds punya keuntungan besar. Babak 16 besar hingga semifinal Wilayah Timur dihelat di Jepang, tepatnya di kandang mereka sendiri, Saitama Stadium 2002.

Secara beruntun, Urawa Reds menang 5-0 lawan Johor Darul Ta'zim (Malaysia) di babak 16 besar, menang 4-0 lawan BG Pathum United (Thailand) di perempat final, dan menang adu penalti 3-1 usai imbang 2-2 lawan Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan) di final.

Laga babak gugur Wilayah Timur ini dihelat pada bulan Agustus 2022, membuat Urawa Reds harus menunggu sangat lama untuk partai final yang baru dihelat bulan April-Mei 2023.