In-depth

Ananda Raehan, 'Permata Tersembunyi' yang Bersinar Bersama Timnas Indonesia U-22

Selasa, 9 Mei 2023 21:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Wonderkid PSM Makassar, Ananda Raehan Alif, saat mendampingi pelatih Bernardo Tavares dalam pre-match press conference vs Persebaya Surabaya di Liga 1. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Wonderkid PSM Makassar, Ananda Raehan Alif, saat mendampingi pelatih Bernardo Tavares dalam pre-match press conference vs Persebaya Surabaya di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Performa apik Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 juga tak lepas dari peran gelandang asal Makassar, Sulawesi Selatan, Ananda Raehan.

Timnas Indonesia U-22 saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup A SEA Games 2023. Skuad Garuda Muda telah pastikan tiket ke semifinal pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Timnas U-22 meraih tiga kemenangan yakni atas Filipina (3-0), Myanmar (5-0) dan Timor Leste (3-0). Tim asuhan Indra Sjafri masih sisakan satu laga kontra Kamboja, Rabu (10/05/23).

Dari tiga laga tersebut, Timnas U-23 berhasil mencetak 11 gol dan catatkan clean sheet atau tanpa kebobolan. Indonesia jadi satu-satunya negara peserta SEA Games 2023 yang belum kemasukan gol. 

Performa apik Timnas U-22 tersebut juga tak lepas dari peran gelandang asal Makassar, Sulawesi Selatan, Ananda Raehan.

Kendati belum cetak gol di SEA Games 2023 dan namanya tidak sementereng Marselino Ferdinan, Beckham Putra atau Alfeandra Dewangga di lini tengah, Ananda Raehan bisa disebut kunci keberhasilan Timnas U-22 sejauh ini.

Dari tiga laga yang telah dimainkan, Raehan sukses cetak tiga assist. Pemain milik PSM Makassar itu berikan umpan manja untuk gol Fajar Fathur Rahman (dua assist) dan Titan Agung saat lawan Myanmar dan Timor Leste.

Ananda Raehan tampil 90 menit lawan Filipina, lalu bermain 28 menit kontra Myanmar dan turun sebagai starter hingga full time ketika jumpa Timor Leste. Dia mainkan peran sebagai gelandang bertahan dan gelandang tengah.  

Berdasarkan catatan Lapang Bola, Raehan lakukan dua shoot, ciptakan satu peluang emas, catatkan 38 passing sukses, sekali dribble, enam kali tekel dan dua kali recovery saat lawan Filipina.

Ketika hadapi Myanmar, pemain kelahiran 17 Desember 2003 itu berikan dua assist, bikin tiga peluang emas, 26 kali passing sukses, dua kali intercepts, dua kali recovery dan akurasi passing-nya mencapai angka 96 persen.