In-depth

Skenario Pahit AC Milan di Penghujung Musim, Nirgelar dan Liga Champions Terakhir?

Minggu, 14 Mei 2023 21:41 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Selebrasi Rafael Leao di laga Liga Italia antara AC Milan vs Lecce. REUTERS/Daniele Mascolo Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Selebrasi Rafael Leao di laga Liga Italia antara AC Milan vs Lecce. REUTERS/Daniele Mascolo

INDOSPORT.COM - AC Milan terancam tak bisa mengikuti kompetisi bergengsi Eropa karena gagal menembus empat besar di klasemen Liga Italia.

AC Milan kembali menuai hasil negatif kala bertandang ke markas Spezia di lanjutan pertandingan Liga Italia pekan ke-35 di Stadion Alberto Picco pada Sabtu (13/05/23) kemarin.

AC Milan secara mengejutkan tumbang 2-0 dari tim yang berada dekat dengan zona degradasi, dan gagal bikin gol lawan tim yang kebobolan 56 kali dari 34 laga Serie A.

Tambahan tiga poin membawa Spezia naik satu tingkat ke peringkat ke-17 dengan 30 poin di klasemen Liga Italia, satu tingkat di atas ancaman degradasi. 

Sedangkan untuk AC Milan, kekalahan ini membuat mereka tertahan di peringkat ke-5 dan terancam tak bisa mengikuti kompetisi bergengsi antar tim Eropa, Liga Champions musim depan.

AC Milan terpaut jarak cukup jauh yakni empat poin dengan Lazio di posisi ke-4. Mereka mengumpulkan 61 poin, sementara Biancocelesti mempunyai 65 poin.

Meski begitu Rossoneri secara matematis masih punya peluang untuk finis di empat besar, karena kompetisi menyisikan dua pertandingan lagi.

Tetapi perlu diingat Lazio juga sedang dalam performa yang bagus. Mereka sempat merangsek hingga posisi ke-2 dalam beberapa pekan.

Artinya, Lazio bakal bermain hati-hati di dua laga sisa agar bisa mengamankan tiket Liga Champions musim depan.

Berbeda dengan AC Milan. Untuk bisa merebut tiket Eropa, penampilan tim besutan Stefano Pioli justru malah mengecewakan jelang berakhirnya Serie A musim ini.

Dalam empat pertandingan terakhir di Liga Italia, AC Milan kehilangan banyak poin penting karena hanya mampu merebut satu kemenangan, dua imbang dan sekali kalah.

Alhasil, posisi AC Milan terlempar ke peringkat ke-5. Mereka sulit menggeser Lazio bahkan Inter Milan di tempat ke-3 dengan 66 poin.