In-depth

3 Pemain yang Layak Gantikan Pratama Arhan di Final SEA Games Timnas Indonesia vs Thailand

Senin, 15 Mei 2023 15:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan dengan Pratama Arhan rayakan gol pertama ke gawang Myanmar, Kamis (04/05/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan dengan Pratama Arhan rayakan gol pertama ke gawang Myanmar, Kamis (04/05/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 dipastikan tanpa Pratama Arhan di laga final SEA Games 2023 melawan Thailand, Selasa (16/05/23). Itu karena bek kiri tersebut harus absen karena akumulasi kartu.

Pratama Arhan tidak bisa bermain di laga final karena mendapat kartu merah (kartu kuning kedua) di laga semifinal kontra Vietnam, dua hari lalu. Regulasi SEA Games tak mengenal pemutihan di laga final.

Oleh sebab itu, pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri harus memutar otak dan mencari pemain pengganti. Beruntung, semua pemain dilaporkan dalam keadaan oke, baik fisik maupun mental.

"Semua pemain termasuk Arhan dalam kondisi baik, tapi secara regulasi Arhan besok kita tak bisa mainkan Arhan," kata Indra Sjafri.

"Jadi besok kita hanya mainkan 19 pemain, dan semuanya siap untuk bermain dan berikan yang terbaik," ujarnya.

Untuk mencari pengganti Pratama Arhan, Indra Sjafri sejatinya punya beberapa pilihan. Bisa saja dia menurunkan Haykal Alhafiz yang merupakan bek kiri murni atau bereksperimen dengan pemain baru.

Berdasarkan situasi tersebut, INDOSPORT mencoba membahas tiga pemain yang dianggap mampu gantikan peran Pratama Arhan saat lawan Thailand. Siapa saja? Berikut ulasannya.