Liga Indonesia

Musim Depan Gunakan VAR, Erick Thohir Targetkan Ini ke Klub Liga 1

Minggu, 21 Mei 2023 22:34 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Subhan Wirawan
© Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport.com
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan sistem Video Assistant Referee (VAR) bakal mulai diterapkan pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport.com
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan sistem Video Assistant Referee (VAR) bakal mulai diterapkan pada kompetisi Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan sistem Video Assistant Referee (VAR) bakal mulai diterapkan pada kompetisi Liga 1 2023/2024.

Tujuan diberdayakannya teknologi tersebut ialah guna meningkatkan kualitas kompetisi Liga 1. Namun, sistem VAR baru mulai diberlakukan pada putaran kedua Liga 1 musim depan selepas diadakannya training terhadap pihak terkait.

Kendati begitu, Erick Thohir tak semata-mata memberi pembaharuan tersebut. Dirinya pun seraya memberikan target kepada klub-klub Liga 1.

“Kita akan menyiapkan sistem VAR di liga pada musim setengah itu, setengah berikutnya, jadi bukan awal musim karena harus ada training, dan saya pastikan liga harus bisa,” pungkas Erick Thohir, Jumat (19/05/23).

“Tapi juga saya targetkan liga harus punya prestasi baik bersaing dengan liga-liga lain di Asia, karena itu aturannya ada 6 pemain 5 non Asia Tenggara, 1 Asia Tenggara,” target Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick Thohir juga menuturkan bahwa kompetisi Liga 1 musim depan bakal berbeda dengan musim-musim sebelumnya, sesuai dengan regulasi yang dibuat oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dirinya juga menambahkan bahwa kompetisi Liga bakal diliburkan apabila terdapat agenda Timnas, seperti piala AFC Asian Cup 2023 dan FIFA Matchday.

“Liga 1 sudah bersepakat dengan PSSI ketika Tim Nasional memerlukan klub Liga 1 mendukung, nanti Liga 1 saat persiapan TC AFC Cup di Qatar, Liga 1 akan berhenti selama AFC,” pungkas Erick Thohir.

“FIFA Matchday Juni, Maret, Oktober, November akan berhenti beberapa hari untuk persiapan tim. Itu udah sepakat karena itu Liga 1 akan mulai 1 Juli yang tadinya April jadi akhir Mei,” tutup Erick Thohir.