Bola Internasional

Menanti Peran J.League dalam Kiprah Jepang di Piala Dunia U-20 2023

Kamis, 25 Mei 2023 01:04 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© FIFA
Lebih dari 50 persen skuat Timnas Jepang U-20 di Piala Dunia U-20 2023 berasal dari klub-klub yang berlaga di kompetisi J.League. Copyright: © FIFA
Lebih dari 50 persen skuat Timnas Jepang U-20 di Piala Dunia U-20 2023 berasal dari klub-klub yang berlaga di kompetisi J.League.

INDOSPORT.COM - Lebih dari 50 persen skuat Timnas Jepang U-20 di Piala Dunia U-20 2023 berasal dari klub-klub yang berlaga di kompetisi J.League.

Setelah batal berlangsung di Indonesia, gelaran Piala Dunia U-20 2023 saat ini sedang digelar di Argentina. Asia sendiri menyumbang 4 wakil dalam perhelatan 4 tahunan ini.

Wakil-wakil benua asia yang berlaga di Piala Dunia U-20 2023 ini antara lain Irak, Usbekistan, Korea Selatan, dan Negeri Matahari Terbit Jepang.

Bicara soal Jepang dan Piala Dunia U-20 2023, kompetisi J.League punya peranan penting bagi Negeri Sakura dalam perhelatan ini, tak hanya dari sisi pemain, tetapi juga pelatih.

Ya, hampir seluruh lapisan dari Timnas Jepang U-20 dalam Piala Dunia U-20 2023 ini merupakan hasil tempaan dari kompetisi J.League.

Bila melihat dari sektor pemain, sebanyak 14 pemain Timnas Jepang U-20 yang dibawa ke Piala Dunia U-20 2023 berasal dari klub J.League. Berarti hanya 7 pemain saja yang tidak berasal dari J.League.

Bila diperinci, terdapat 7 pemain Timnas Jepang U-20 yang berasal dari klub J.League (kasta tertinggi sepak bola Jepang), sementara 7 sisanya dari J2 League (liga 2 Jepang).

Untuk posisi kiper, Timnas Jepang U-20 memiliki Ryusei Haruna, yang jadi satu-satunya perwakilan J.League dari tiga kiper yang dibawa.  Ryusei sendiri berasal dari tim J2 League, Mito HollyHock.

Beralih ke lini pertahanan, Hayato Tanaka (Kashiwa Reysol) dan Kota Takai (Kawasaki Frontale) bakal jadi tembok beton Timnas Jepang U-20, dengan keduanya sama-sama bermain di J1 League.

Nantinya, keduanya akan dibantu oleh tiga pemain belakang dari klub J2 League, Hayate Matsuda (Mito HollyHock), Shuta Kikuchi (Shimizu S-Pulse), dan Yusei Yashiki (Oita Trinita).

Berlanjut ke posisi gelandang, Kuryu Matsuki (F.C.Tokyo) yang menjadi sensasi di J1 League siap jadi bintang utama Samurai Biru Muda dalam gelaran Piala Dunia U-20 2023 kali ini.

Matsuki diharapkan bakal bekerja sama dengan Riku Yamane (Yokohama F. Marinos) di lini tengah, dibantu oleh empat pemain J.League lainnya.

Keempat pemain J.League yang dimaksud adalah Sota Kitano (Cerezo Osaka), Takatora Einaga (Kawasaki Frontale), Kodai Sano (Fagiano Okayama), Taisei Abe (V-Varen Nagasaki).

Untuk bagian penyerangan, Naoki Kumata (F.C.Tokyo) akan memimpin lini depan Negeri Sakura bersama Isa Sakamoto (Fagiano Okayama).

Seluruh pemain Timnas Jepang U-20 itu nantinya akan diarsiteki permainannya oleh sosok yang tak asing bagi pecinta sepak bola Negeri Matahari Terbit, yakni Koichi Togashi.

Sekilas info, setelah pensiun sebagai pemain, Koichi Togashi memang langsung beralih karier menjadi pelatih. Ia memulai karier kepelatihannya di tim muda Hokkaido Consadole Sapporo dan Tokyo Verdy.

Lebih dari satu dekade kemudian, Togashi naik kelas jadi pelatih tim utama Tokyo Verdy pada tahun 2014 lalu menggantikan Ryoichi Kawakatsu.

Sebanyak 100 laga ia jalani bersama Tokyo Verdy di semua ajang, dengan rekor 32 menang, 29 imbang, dan 39 kali kalah. Setelahnya ia beralih posisi menjadi direktur teknik dan kemudian direkrut ke timnas Jepang.

Sempat lebih dulu menjadi asisten pelatih timnas U-18 dan U-19 Jepang, Togashi kemudian ditunjuk jadi pelatih timnas U-20 pada awal tahun 2023 lalu.

Di tangannya, Jepang lolos ke semifinal Piala Asia U-20 dan mendapatkan tiket lolos ke gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Argentina.

Menjadi menarik untuk melihat kiprah Timnas Jepang U-20 sebagai wakil Asia di Piala Dunia U-20 2023? 

Daftar pemain klub J.League yang memperkuat Timnas Jepang U-20 di Piala Dunia U-20 2023:

Kiper

Ryusei Haruna (Mito HollyHock)

Bek

Hayato Tanaka (Kashiwa Reysol)

Kota Takai (Kawasaki Frontale)

Hayate Matsuda (Mito HollyHock)

Shuta Kikuchi (Shimizu S-Pulse)

Yusei Yashiki (Oita Trinita)

Tengah

Riku Yamane (Yokohama F. Marinos)

Kuryu Matsuki (F.C.Tokyo)

Sota Kitano (Cerezo Osaka)

Takatora Einaga (Kawasaki Frontale)

Kodai Sano (Fagiano Okayama)

Taisei Abe (V-Varen Nagasaki)

Depan

Naoki Kumata (F.C.Tokyo)

Isa Sakamoto (Fagiano Okayama)

Pelatih: Koichi Togashi