Liga Indonesia

Erick Thohir Bicara Kontrak STY yang Habis Tahun Ini, Cuma Sampai Piala Asia 2023

Jumat, 26 Mei 2023 20:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI Erick Thohir didampingi Waketum Zainudin Amali dan Exco Arya Sinulingga saat jumpa pers pengumuman Argentina resmi jadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday, Juni mendatang Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI Erick Thohir didampingi Waketum Zainudin Amali dan Exco Arya Sinulingga saat jumpa pers pengumuman Argentina resmi jadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday, Juni mendatang

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku sudah berbicara dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terkait kontraknya yang akan berakhir. Ada kesepakatan khusus antara kedua belah pihak.

Diketahui, sisa kontrak Shin Tae-yong dengan PSSI habis per 31 Desember 2023. Tapi, Erick Thohir memastikan pelatih berusia 52 tahun itu tetap menangani timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (12 Januari-10 Februari 2024).

"Memang sudah ada pembicaraan dengan Shin Tae-yong bahwa kontrak beliau habis di Desember. Opsinya perpanjang atau tidak, tapi ada kesepakatan bahwa kami akan persiapkan sampai Piala Asia," kata Erick Thohir, Jumat (26/5/23).

"Jadi saya rasa hal yang gentelman untuk disampaikan. Dari pada ngomong di belakang, harus punya kesempatan yang sama semua coach," imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, Erick Thohir juga  bertemu Shin Tae-yong. Keduanya berbicara soal program dan target Skuat Garuda setahun ke depan.

Pasca komunikasi tersebut, Erick Thohir sudah memutuskan bahwa Shin Tae-yong akan fokus memimpin timnas U-23 dan senior. Target terdekat adalah menyiapkan kedua level timnas untuk event internasional di atas.

Namun, PSSI merevisi tugas Shin Tae-yong. Federasi memutuskan timnas U-23 diserahkan ke Indra Sjafri pasca juara SEA Games 2023 dan Shin Tae-yong fokus ke tim senior.

Sementara itu, berbicara ke media Korea Selatan, besteleven, Shin Tae-yong mengakui kontraknya hanya sampai Piala Asia 2023. Dia pun memilih fokus mempersiapkan tim dibanding memikirkan masa depannya.

Juru taktik berusia 52 tahun itu menegaskan dia tidak lagi jadi pelatih skuat Garuda pasca-Piala Asia 2023. Shin Tae-yong tidak bisa berbicara banyak.