Liga Indonesia

Shin Tae-yong Bongkar Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesa, Belum Ideal

Jumat, 9 Juni 2023 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/Indosport
Shin Tae-yong di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Shin Tae-yong di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mulai turun langsung memimpin pemusatan latihan di Lapangan Thor, Surabaya, Jawa Timur, sejak Kamis (8/6/23). Dia mengatakan fisik pemain tidak dalam kondisi terbaik.

Shin Tae-yong sebelumnya memanggil 26 pemain untuk ikut latihan jelang FIFA matchday bulan ini. Tapi, baru 16 nama yang dilaporkan bergabung dan 10 lain masih izin membela klub.

Ada pun dua agenda FIFA matchday tersebut adalah melawan Palestina di Surabaya pada Rabu (14/6/23) dan Argentina di Jakarta (19 Juni). 

Shin Tae-yong baru memberikan materi latihan fisik untuk penguatan otot pemain. Belum ada materi taktik karena kebugaran para pemain dikatakan masih belum sempurna akibat kompetisi yang tengah libur. 

"Musim kemarin selesai memang libur panjang karena FIFA matchday, jadi kelihatan tidak baik secara fisik dan keseluruhan," kata Shin Tae-yong, Jumat (9/6/23).

"Jadi kami tidak punya banyak waktu untuk meningkatkan fisik pemain, tapi fokus latihan meningkatkan otot pemain dan penguatan," imbuhnya. 

Menghadapi dua pertandingan nanti, Shin Tae-yong berharap para pemain menunjukkan permainan terbaik dan tampil tanpa beban, terutama ketika menghadapi Argentina. Diminta fokus terhadap permainan dan mengikuti instruksinya.

Shin Tae-yong menggenjot fisik pemain dengan tujuan agar tampil prima saat berjumpa Argentina yang notabene juara Piala Dunia 2022.

"Semua tahu Argentina juara Piala Dunia, saya hanya akan berusaha meningkatkan fisik dan otot pemain agar bisa berusaha semaksimal mungkin di pertandingan nanti, saya hanya berharap pemain bisa ikuti instruksi saya," pungkasnya.

Ada pun 16 pemain yang sudah ikut latihan adalah Sandy Walsh, Andy Setyo, Rafael Struick, Ivar Jenner, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Fachrudin Aryanto. 

Kemudian Dimas Drajad, Stefano Lilipaly, Ernando Ari, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, Elkan Baggott, dan Edo Febriansyah.