Bola Internasional

Penipuan Bayar Rp623 Juta untuk Dinner Bareng Messi, Timnas Indonesia Kena PHP

Senin, 12 Juni 2023 09:03 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Molly Darlington
Pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Argentina, Lionel Messi di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Molly Darlington). Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Argentina, Lionel Messi di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Molly Darlington).

INDOSPORT.COM - Efek domino kehadiran Lionel Messi di China jelang FIFA Matchday, ternyata membuat praktik scam merajalela. Timnas Indonesia juga diberi harapan palsu oleh Argentina.

Sebagaimana diketahui, Lionel Messi masuk dalam daftar pemain Timnas Argentina yang melawat ke Asia di FIFA Matchday 2023. Tim akan menyambangi China dan Indonesia.

Argentina akan menantang Australia di FIFA Matchday 15 Juni 2023, tetapi bertempat di China. Kemudian Angel di Maria dkk akan meladeni Timnas Indonesia di GBK, 19 Juni 2023.

Sang ikon Timnas Argentina, Lionel Messi sudah tiba di China pada Sabtu (10/06/23). Sejak di bandara hingga di hotel, suporter membludak karena ingin melihat sosoknya.

Melihat animo suporter China yang luar biasa terhadap Lionel Messi, akhirnya ada oknum yang memanfaatkan momentum ini untuk melakukan scam atau penipuan.

Belakangan ini di China banyak poster yang beredar dan mencatut nama Lionel Messi. Mulai dari endorse, selfie bareng, hingga makan malam bareng sang megabintang.

"Makan malam dan selfie dengan Lionel Messi seharga 300 ribu yuan (Rp623 juta), dan cukup bayar 50 juta yuan, Messi akan hadir dan memuji produk Anda saat siaran langsung," bunyi salah satu iklan di China.

Ada pula penipuan berupa tiket eksklusif seharga 5.000 yuan, atau tiket berhadiah jersey bertanda tangan Messi, dan bonus selfie bareng Messi yang dijual 8.000 yuan.

Di sisi lain, banyak akun di platform belanja online di China yang terang-terangan menjual kembali tiket pertandingan seharga 18.000 yuan, empat kali lipat dari harga aslinya.

Maraknya praktik scam yang mencatut nama Lionel Messi, membuat tim kepolisian China turun tangan. Mereka mulai mencari oknum di balik iklan penipuan tersebut.