In-depth

4 Fakta Mengejutkan Jelang Timnas Indonesia vs Palestina: Garuda Pernah Pesta Gol

Rabu, 14 Juni 2023 13:35 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Jordi Amat usai mencetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Burundi Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Jordi Amat usai mencetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Burundi

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan bersua Palestina dalam pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday, Rabu (14/06/23) pukul 19.30 WIB.

Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Palestina digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pertandingan ini juga menjadi laga amal, karena PSSI berniat menyumbangkan 10 persen dari penjualan tiket.

Dana ini nantinya disumbangkan untuk mendukung kemerdekaan rakyat Palestina. Hal itu diungkapkan oleh ketua umum PSSI, Erick Thohir beberapa waktu lalu.

"Yang pasti kita punya kesepakatan, PSSI dan Pemerintah Daerah akan menyumbangkan 10 persen dari pada penjualan tiket (Indonesia vs Palestina) untuk perjuangan rakyat Palestina," ujar Erick Thohir.

Sementara itu, Timnas Indonesia diwajibkan meraih hasil positif entah menang atau imbang saat bersua Palestina. Pasalnya, Skuat Garuda memiliki misi untuk memperbaiki ranking FIFA.

Pasukan Shin Tae-yong saat ini menempati posisi 149 di ranking FIFA dengan mengemas 1046,14 poin. Sedangkan Palestina berada di posisi 93 ranking FIFA dengan perolehan 1239.19 poin.

Bila menang, pasukan Shin Tae-yong bisa mengalami penambahan poin cukup signifikan. Bila seri, mereka juga akan mendapatkan tambahan poin.

Kemenangan atas Palestina membuat Timnas Indonesia bisa mendapatkan tambahan 6,77 poin. Maka Garuda bakal mendapatkan total 1052,91 poin.

Dengan jumlah poin tersebut, Timnas Indonesia akan naik satu tingkat ke posisi 148 di ranking FIFA, menggeser Liberia yang mengoleksi 1049,94 poin.

Kemudian bila imbang, Pratama Arhan dkk hanya mendapat tambahan 1,77 poin. Hal itu membuat posisi Lberia di urutan ke-48 masih belum bisa disalip.

Jelang Timnas Indonesia vs Palestina di FIFA Matchday, kami juga telah merangkum beberapa fakta mengejutkan. Berikut rangkumannya: