In-depth

4 Pemain Palestina Kelahiran Wilayah Israel yang Bisa Hancurkan Timnas Indonesia

Rabu, 14 Juni 2023 12:59 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Toby Melville
Lambang bendera Israel dan warna bendera Palestina. (Foto: REUTERS/Toby Melville) Copyright: © REUTERS/Toby Melville
Lambang bendera Israel dan warna bendera Palestina. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain ini ternyata adalah lahir di wilayah Israel, tetapi memilih untuk membela timnas Palestina jelang lawan timnas Indonesia.

Pertandingan internasional bertauk FIFA Matchday pada bulan Juni tampaknya akan menjadi yang cukup spesial bagi timnas Indonesia. Pasalnya Skuad Garuda bakal menjalani dua pertandingan uji coba melawan negara 100 besar dunia.

Pertama timnas Indonesia akan menghadapi Palestina berposisi 93 dunia, kemudian dilanjutkan melawan jawara dunia, Argentina, sang pemuncak alias nomor 1 di ranking FIFA.

Melawan Palestina akan digelar hari ini, Rabu (14/06/23) di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pukul 19:30 WIB. Sedangkan melawan Argentina terjadi di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin (19/06/23) malam WIB.

Persiapan terus dilakukan oleh pelatih Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia, untuk pertandingan uji coba pertama melawan Palestina.

Jelang bersua Palestina, Timnas Indonesia harus mendapatkan kabar buruk. Shin Tae-yong diprediksi kembali gagal memainkan bintang naturalisasi, Sandy Waalsh.

Hal ini disampaikan oleh Shin Tae-yong yang mulai memimpin latihan di Surabaya. Dia mengaku sangat sedih dan tidak menyangka kalau Sandy Walsh dibekap cedera.

“Memang di dalam pikiran saya, Sandy sebagai starter, tetapi karena nggak bisa dimasukkan sangat disayangkan,” kata Shin Tae-yong sebelum memimpin latihan, Sabtu (10/6/23) lalu.

“(Dia) tidak akan bisa main untuk FIFA Matchday kali ini, tetapi tidak akan dikembalikan ke klub, tetap di timnas Indonesia,” lanjutnya.

Diketahui, Sandy Walsh tampak ikut latihan bersama para penggawa Garuda, namun dia terus didampingi tim dokter di tepi lapangan, mulai pemanasan hingga latihan dimulai.

Di kubu Palestina sendiri, skuad tim besutan Makram Daboub ini bakal turun dengan kekuatan terbaiknya termasuk membawa sejumlah pemain bintang yang merupakan kelahiran Israel.

Seperti kita ketahui, hubungan Palestina dan Israel hingga saat ini masih memanas. Dampaknya bagi negara-negara dengan mayoritas umat muslim, selalu pro dengan Palestina ketimbang Israel.

Termasuk ketika Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Gejolak penolakan kedatangan tim Israel mewarnai beberapa titik di Indonesia, tidak lama kemudian status tuan rumah Piala Dunia U-20 di Tanah Air akhirnya dicabut oleh FIFA.

Ada pula yang menilai Israel tak bisa tampil di Indonesia karena alasan politik luar negeri. Kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik resmi.

Penolakan kelompok-kelompok pendukung Palestina di Indonesia menjadi kontradiktif apabila melihat situasi persepakbolaan di Palestina. 

Pemain asal Israel bisa bertanding di Liga Tepi Barat, kompetisi sepak bola tertinggi di Palestina. Begitu juga dengan sejumlah pemain timnas Palestina, yang ternyata lahir di wilayah Israel. Siapa saja mereka?