In-depth

Sayang Banget! Daftar Pemain Pinjaman AC Milan yang Balik ke Klub Asal Tanpa Dipermanenkan

Rabu, 14 Juni 2023 15:35 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Brahim Diaz (tengah) merayakan golnya di laga AC Milan vs Tottenham Hotspur (15/02/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Brahim Diaz (tengah) merayakan golnya di laga AC Milan vs Tottenham Hotspur (15/02/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia, AC Milan harus menaggung sial karena sejumlah pemain pinjaman yang jadi andalan musim lalu tak bisa dipermanenkan.

Bulan Juni menjadi bulan yang cukup sepi bagi dunia sepak bola khususnya di Eropa. Sebab banyak liga-liga top Benua Biru yang mengalami masa jeda, menyusul sudah rampungnya beberapa kompetisi.

Meski begitu, aktivitas klub tidak berubah. Mereka tetap disibukkan dengan beberapa agenda penting seperti evalusi tim hingga mencari pemain baru di lantai bursa transfer musim panas ini.

Untuk jadwal bursa transfer sendiri masing-masing liga berbeda-beda dibukanya. Liga Italia menjadi liga yang lebih dahulu membuka jendela kepindahan pemain pada Sabtu, 01 Juli 2023. 

Mereka lebih awal membuka jendela transfer ketimbang Liga Spanyol yang baru membuka bursa transfer pada 03 Juli 2023.

Masih ada beberapa pekan bagi sejumlah klub melakukan pendekatan dengan pemain-pemain incarannya untuk segera diresmikan, sebelum ditikung oleh klub lain ketika jendela transfer dibuka.

Bursa transfer tidak hanya digunakan untuk mendatangkan pemain baru, tetapi juga mempermanenkan pemain yang berstatus pinjaman. Sayangnya pilihan kedua tidak banyak dimanfaatkan oleh sejumlah klub.

Padahal pemain pinjaman yang sudah tampil reguler dan membantu performa tim sepanjang musim, jauh lebih baik untuk dipertahankan ketimbang membeli pemain baru yang belum tentu bisa langsung nyetel dan berkontribusi untuk tim.

Salah satu klub yang tak menggunakan manfaat mempermanenkan pemain pinjaman dan memilih membakar uang untuk pemain baru adalah AC Milan.

Musim lalu, banyak pemain Rossoneri yang berhasil tampil apik membantu tim tetapi hanya berstatus pinjaman.

Ketika kompetisi berakhir, manajemen AC Milan tak berniat menahan satupun pemain pinjaman dengan performa yang bagus. Keputusan itu tentu bisa berpengaruh terhadap kepentingan komposisi dan kebutuhan taktikal pelatih Stefano Pioli.

Pioli pun harus membangun ulang AC Milan dari awal untuk musim depan, dengan komposisi pemain yang baru. Lantas siapa saja pemain pinjaman yang pergi dari AC Milan?