In-depth

Bedah Kualitas Romeo Lavia, Starlet Buruan Liverpool yang Lebih Menjanjikan dari Kheprem Thuram

Kamis, 15 Juni 2023 18:04 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Paul Childs
Meski baru menjalani musim profesional pertamanya di Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 lalu, namun Romeo Lavia sudah berhasil menarik perhatian Liverpool. (Foto: Reuters/Paul Childs)` Copyright: © Reuters/Paul Childs
Meski baru menjalani musim profesional pertamanya di Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 lalu, namun Romeo Lavia sudah berhasil menarik perhatian Liverpool. (Foto: Reuters/Paul Childs)`

INDOSPORT.COM - Meski baru menjalani musim profesional pertamanya di Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 lalu, namun Romeo Lavia sudah berhasil menarik perhatian Liverpool.

Gelandang 19 tahun asal Belgia tersebut rencananya akan The Reds angkut setelah timnya, Southampton, harus terdegradasi ke Champioship.

Lavia sendiri sebenarnya juga baru bergabung dengan The Saints pada bursa transfer musim panas 2022 lalu dengan harga 12,3 juta Euro.

Bukan nominal yang kecil mengingat ia saat itu statusnya adalah pemain akademi Manchester City tanpa pengalaman bermain di partai kompetitif senior.

Namun Lavia tanpa kesulitan langsung bisa beradaptasi. Total 34 laga ia mainkan di semua ajang dimana 29 di antaranya dilakoni di Liga Inggris.

Romelo Lavia menunjukkan ketenangan serta keunggulan tekhnik sebagai 'nomor 6' yang mana membuat banyak klub besar tertarik.

Arsenal, Chelsea, Manchester United, dan tentu saja Liverpool semuanya menaruh perhatian sembari menanti kesempatan mencaplok sang wonderkid apabila Southampton sampai turun kasta.

Liverpool memang membutuhkan suntikan tenaga di lini tengah mengingat mereka baru saja melepas Alex Oxlade-Chamberlain, Naby Keita, dan James Milner secara cuma-cuma karena habis kontrak.

Dengan demikian opsi bagi manajer Jurgen Klopp untuk menyusun starting XI yang bisa bersaing di Liga Inggris saat ini sangatlah minim.

Paul Joyce dari The Times melaporkan jika Lavia bersama tiga nama lainnya kini tengah dianalisa Liverpool untuk digaet pada bursa transfer musim panas ini namun dapat dipastikan pilihan manapun tidak akan berharga murah.