Timnas Indonesia

Pernah Pulangkan Jerman, Shin Tae-yong Siapkan Kejutan untuk Argentina

Minggu, 18 Juni 2023 20:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan berusaha memberikan kejutan saat lawan Argentina, Senin (19/06/23) di Stadion Gelora Bung Karno. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan berusaha memberikan kejutan saat lawan Argentina, Senin (19/06/23) di Stadion Gelora Bung Karno.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan berusaha memberikan kejutan saat lawan Argentina, Senin (19/06/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Namun, hal itu diakui tak akan mudah.

Shin Tae-yong mengatakan dia pernah mengalahkan salah satu juara Piala Dunia yakni Jerman di Piala Dunia 2018 lalu. Namun, situasi kali ini sangat berbeda untuk lawan Argentina yang juga juara dunia.

Pada 2018, Shin Tae-yong menangani Korea Selatan yang menempati peringkat 50 dunia. Lalu, banyak anak asuhnya yang bermain di Eropa sehingga kualitasnya bisa diadu.

Sedangkan, kali ini pelatih 52 tahun itu melatih Indonesia yang berada di peringkat 149 dunia. Hanya beberapa pemain yang merumput di Eropa dan Asia.

"Memang saya pernah pegang Korea Selatan dan menang lawan Jerman di Piala Dunia Rusia 2018. Tapi waktu itu Korsel FIFA rankingnya 50, kita Indonesia 149," buka Shin Tae-yong.

"Jadi ya mungkin akan jadi sulit laga ini untuk (bisa) menang dan saya mempersiapkan pertandingan agar bisa lebih banyak belajar dan melalui pertandingan ini, pemain dan sepak bola Indonesia bisa lebih banyak berkembang," ujarnya.

Menurut Shin Tae-yong, kejutan dan hasil pertandingan lawan Argentina tergantung kinerja pemain di lapangan. Jika bermain bagus, Dimas Drajad dan kawan-kawan bisa saja membuat sejarah.

"Saya pun ingin beri kejutan sejujurnya. Tapi bukan saya yg melakukan beri kejutan, tapi pemain sendiri yg menunjukkannya di lapangan," ujarnya.