Bola Internasional

Kalahkan Kroasia via Adu Penalti, Spanyol Juara UEFA Nations League

Senin, 19 Juni 2023 04:51 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Timnas Spanyol merayakan gelar juara UEFA Nations League 2022/23 (19/06/23). (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw) Copyright: © REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Timnas Spanyol merayakan gelar juara UEFA Nations League 2022/23 (19/06/23). (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

INDOSPORT.COM – Timnas Spanyol berhasil menggondol gelar juara UEFA Nations League usai mengalahkan Kroasia lewat drama adu penalti, Senin (19/06/23).

Bertanding di Feyenoord Stadium De Kuip, Belanda, tim berjuluk La Furia Roja itu berhasil meraih juara usai menang dengan skor 5-4 dalam babak tos-tosan itu.

Dari enam eksekutor masing-masing tim, lima dari penendang Spanyol mampu menjalankan tugasnya. Sedangkan hanya empat penendang Kroasia yang berhasil mengeksekusi penalti.

Drama adu penalti ini pun harus dilakoni karena kedua tim bermain imbang sepanjang 120 menit pertandingan yang berlangsung.

Di babak pertama, baik Kroasia dan Spanyol sama-sama bermain aman. Tapi, EL Matador mampu menciptakan peluang emas pertama lewat Gavi yang sepakannya hanya menyamping.

Kroasia yang sempat tertekan, kemudian juga mendapat peluang lewat Ivan Perisic yang tandukannya mampu ditepis oleh Unai Smon, kiper Spanyol.

Di babak kedua, intensitas permainan meningkat yang terlihat dari peluang demi peluang yang diciptakan oleh kedua tim.

Spanyol mampu mendapat peluang emas lewat tembakan jarak jauh Rodri yang menyamping tipis di kiri gawang pada menit ke-65.

Lalu di menit ke-84, giliran Ansu Fati yang bola hasil sepakannya mampu dihadang Perisic di muka gawang, dan membuat skor 0-0 bertahan hingga babak kedua usai.

Skor imbang di babak kedua ini lantas membuat final UEFA Nations League antara Kroasia vs Spanyol berlanjut di babak Extra Time atau perpanjangan waktu.