Liga Indonesia

Proses Kedatangan Francisco Rivera ke Madura United, Sempat 'Buta' Indonesia

Selasa, 20 Juni 2023 10:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Playmaker Madura United asal Meksiko, Francisco Rivera. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Playmaker Madura United asal Meksiko, Francisco Rivera.

INDOSPORT.COM - Francisco Rivera cukup antusias menyambut perjalanan barunya di sepak bola Indonesia, setelah menjadi bagian dari Madura United pada kompetisi musim ini.

Pemain berkebangsaan Meksiko ini merupakan salah satu dari enam pemain asing yang diproyeksikan membela Madura United di musim 2023-2024.

Rivera lantas menceritakan bagaimana proses yang dijalani hingga sampai diperkenalkan sebagai bagian dari skuat Madura United, 8 Juni lalu.

"Jujur, sebenarnya saya tak tahu banyak tentang kompetisi di Indonesia," ucap Francisco Rivera kepada awak INDOSPORT di Stadion Brawijaya, Sabtu (17/6/23).

Kendati demikian, dia sebenarnya punya sedikit referensi perihal sepak bola Indonesia sebelum datangnya pinangan dari Madura United. Rivera berhubungan cukup intens dengan pelatih Persis Solo, Leonardo Medina.

Hal lumrah karena Medina diketahui lahir di Meksiko. Terlebih, pelatih yang juga berpaspor Uruguay itu pernah berada di akademi Club America, tempat Rivera mengasah skill bermain sepak bola.

Leonardo Medina menjabat sebagai direktur akademi di C.F America periode 2013-2016, ketika Rivera baru promosi ke tim senior dan memenangi Liga Champions Concacaf.

"Ketika tahu Coach Leonardo Medina ke Indonesia, saya follow dia. Saya dapat gambaran bagaimana sepak bola Indonesia," beber Francisco Rivera.

"Saya pikir, hal yang cukup bagus untuk menjajal pengalaman baru. Saya juga sudah pernah menempuh perjalanan jauh (dari Meksiko) ke Kosovo," tambah dia.