Liga Indonesia

Banjir Cuan! PT LIB Bocorkan Hadiah Juara Liga 1 2023/24: Rp5 Miliar

Rabu, 21 Juni 2023 16:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© liga-indonesia.id
Tiang tendangan sudut dengan logo PT Liga Indonesia Baru (LIB). Copyright: © liga-indonesia.id
Tiang tendangan sudut dengan logo PT Liga Indonesia Baru (LIB).

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 Indonesia 2023-2024 memastikan hadiah juara musim depan lebih besar dibanding musim lalu. Ada kenaikan signifikan atau hampir dua kali lipat.

Direktur utama PT LIB, Ferry Paulus, menyebut tim juara di championship series akan mengantongi Rp5 miliar. Padahal, PSM Makassar selaku juara musim lalu hanya mendapat Rp2 miliar.

Namun, PT LIB memastikan, tiap tim mendapat pemasukan lebih banyak di reguler series. Itu berasal dari bayaran seperti kontribusi, aspek komersial dari rating televisi dan sharing dan lainnya.

Keputusan itu dikeluarkan PT LIB berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), yang berlangsung pada Selasa (20/6/23) sore WIB.

"Hadiah juara untuk championship itu Rp5 miliar. Kalau untuk reguler series itu rasanya sangat bombastis karena berbeda dari yang lalu. Di i mana ada fix kontribusi lebih besar dari lalu," kata Ferry Paulus.

"Terus ada variabel kontribusi, itu memuat aspek kompetitif dalam memberikan hadiah klub. Klub nomor 1 dalam ranking terbaik akan mendapatkan nilai lebih besar dibanding peringkat paling bawah," imbuhnya.

"Sehingga (pendapatan) pundi-pundi finansial benar-benar bisa dibilang tiga kali lipat dari fix kontribusi yang didapat. Sehingga musim depan, klub-klub akan mendapat manfaat luar biasa," tambah FP.

PT LIB menjelaskan, semakin bagus posisi klub di klasemen Liga 1, maka semakin banyak pendapatan yang diterima dari sisi kontribusi, rating TV dan sharing.

"Aspek komersialisasi rating-share, kami memberikan apresiasi kepada klub dengan hadiah tadi. Nilainya sangat fantastis. Kalau 5 miliar itu nggak ada apa-apanya," jelas Ferry Paulus.