In-depth

Gaji Wasit Liga 1 Bisa Selevel Menteri, kalau Liga-Liga Top Eropa Berapa?

Jumat, 23 Juni 2023 13:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Daniele Mascolo
Melihat besaran gaji wasit Liga 1 dan liga-liga top Eropa. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo. Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Melihat besaran gaji wasit Liga 1 dan liga-liga top Eropa. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, belum lama ini membeberkan bayaran gaji wasit Liga 1 Indonesia yang disebut-sebut selevel dengan menteri.

Hal tersebut ia ungkap saat berbicara di GBK Arena, Kamis (22/06/23). Setiap wasit untuk musim baru Liga 1 mendatang masing-masing akan memimpin 17 pertandingan.

Namun dari 17 laga itu, belum termasuk Championship Series - yang notabene format terbaru Liga 1 untuk musim 2023/2024.

Para wasit utama yang bertugas dibayar Rp10 juta/laga, lalu wasit kedua dan ketiga atau hakim garis mendapat Rp7,5 juta/laga.

Tidak ketinggalan, gaji wasit cadangan dan wasit tambahan (kelima dan keenam, additional assistant referee) adalah Rp5 juta/laga.

Sebagai informasi, PSSI dan instruktur wasit JFA (federasi sepak bola Jepang) memang baru saja melakukan seleksi terhadap ratusan wasit untuk Liga 1 2023/2024.

Hasilnya, ada 18 orang yang dinyatakan lulus menjadi pengadil lapangan untuk musim kompetisi berikutnya.

"Ada 18 yang bekerja di Liga 1 dan alhamdulillah 17 kali tiup. Tadi dihitung sama Pak Sekjen, sebulan dapat sekian,” kata Erick Thohir.

“Lebih tinggi gajinya, lebih tinggi dari menteri, dengar-dengar lebih tinggi," tambah mantan bos Inter Milan tersebut.

Erick Thohir melanjutkan, sekelas menteri mendapat Rp19 juta per bulan, sedangkan wasit bisa Rp20 juta. Jika memimpin 17 laga semusim, Rp170 juta pun bisa dikantongi.