Timnas Indonesia

Stadion Mana Saja yang Digunakan Piala Dunia U-17? Ini Jawaban Erick Thohir

Sabtu, 24 Juni 2023 21:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengunjungi Stadion Gelora Bung Tomo jelang FIFA match day Indonesia vs Palestina. Copyright: © PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengunjungi Stadion Gelora Bung Tomo jelang FIFA match day Indonesia vs Palestina.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan pihaknya belum menentukan stadion mana saja yang bakalan menjadi venue Piala Dunia U-17 2023. Mereka masih harus menanti kedatangan tim FIFA ke Indonesia untuk melakukan inspeksi.

Indonesia baru saja ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, menggantikan Peru yang dinyatakan tidak siap secara infrastruktur.

Pesta sepak bola dunia kategori U-17 ini dijadwalkan berlangsung pada 10 November-2 Desember mendatang. Melihat waktu yang amat terbatas, timbul pertanyaan stadion mana sajakah yang akan menjadi venue turnamen?

Sebelumnya, PSSI telah menyiapkan enam stadion andalan sebagai venue ketika masih menyandang status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Enam stadion itu antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Namun apakah keenam stadion ini kembali jadi kandidat tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Erick Thohir belum bisa menjawab. Penentuan venue masih menunggu inspeksi FIFA lantaran kebutuhannya memang berbeda dengan Piala Dunia U-20.

“Tentu FIFA akan mengirim tim untuk mengecek stadion karena kebutuhan bisa saja berbeda,” ucap Erick Thohir di Jakarta, Sabtu (24/6/23).

Namun, Erick pun tak merasa khawatir bila nantinya FIFA memilih stadion lain dari keenam stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 lalu.

Sebab memang saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar melaksanakan renovasi stadion. Setidaknya ada 22 lokasi yang akan dibenahi KemenPUPR.

“Kalaupun lapangan berbeda mungkin ada upgrade atau renovasi sedikit. Kebetulan pemerintah Indonesia sedang merenovasi sebanyak 22 stadion,” jelas Erick Thohir.