Bola Internasional

Jadi Pelatih Timnas U-17 di Piala Dunia U-17, Bima Sakti: Alhamdulillah

Selasa, 27 Juni 2023 19:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U-17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U-17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - PSSI telah menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, tiga hari lalu. Hal itu ternyata tak disangka oleh sang pelatih.

Seperti diketahui, Indonesia ditunjuk FIFA jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang bergulir 10 November - 2 Desember.
Karena itu, Timnas U-17 secara otomatis bermain di kejuaraan dua tahunan itu.

Bima Sakti mengatakan, awalnya tidak kepikiran bahwa dirinya akan dipercaya menangani Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Dia hanya mengetahui jika Indonesia resmi ditunjuk FIFA jadi tuan rumah.

Setelahnya, pelatih 46 tahun itu baru mengetahui keputusan PSSI pada Sabtu (24/06/23). Karenanya, Bima Sakti mengucap syukur ke Tuhan Yang Maha Kuasa dan tak lupa berterima kasih atas kesempatan yang diberikan PSSI.

"Awalnya gak tau (jadi pelatih Timnas U-17). Jumat malam saya lihat di media, Alhamdulillah kita terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, tapi gak kepikiran apapun. Tapi saya tau yang akan main itu anak didik saya yang di U-16, jadi saya serahkan ke pengurus PSSI," kata Bima Sakti ke INDOSPORT.com.

"Alhamdulillah hari Sabtu, Pak Erick Thohir (Ketum PSSI) preskon dan saya yang ditunjuk. Pertama saya bersyukur,  Alhamdulillah dan kedua berterima kasih ke PSSI, ke Pak Erick, Exco yang telah percayai saya sebagai pelatih di Piala Dunia U-17," imbuhnya.

Bagi Bima Sakti, kepercayaan yang diberikan PSSI jadi tantangan besar. Sebab, lawan-lawan yang dihadapi bukan lagi level ASEAN, tapi dunia.

Belum lagi, jadwal kejuaraan yang sudah di depan mata yakni tinggal empat bulan. Karena itu, eks pemain Persema Malang itu berjanji akan mengerahkan segala kemampuan, supaya bisa membawa Timnas U-17 berprestasi.  

"Ini menjadi tantangan buat saya. Saya akan berusaha semaksimal mungkin, memberikan yang terbaik sesuai kemampuan saya," janji Bima Sakti.