In-depth

Profil Jakarta International Stadium, Calon Venue Termewah Piala Dunia U-17 2023

Selasa, 27 Juni 2023 16:09 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Isman Fadil/INDOSPORT
Enam stadion isunya disiapkan oleh Indonesia dalam rangka gelaran Piala Dunia U-17 2023 mendatang dan Jakarta International Stadium (JIS) adalah salah satunya. (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT) Copyright: © Isman Fadil/INDOSPORT
Enam stadion isunya disiapkan oleh Indonesia dalam rangka gelaran Piala Dunia U-17 2023 mendatang dan Jakarta International Stadium (JIS) adalah salah satunya. (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Enam stadion isunya disiapkan oleh Indonesia dalam rangka gelaran Piala Dunia U-17 2023 mendatang dan Jakarta International Stadium (JIS) adalah salah satunya.

Dengan biaya 4,5 triliun Rupiah, JIS menjadi salah satu stadion dengan bujet pembangungan termahal di Indonesia namun semua dirasa pantas dengan kualitas serta fasilitas yang ia berikan.

Amat layak untuk dijadikan venue dari Piala Dunia U-17 2023 sebagai salah satu turnamen sepakbola tingkat usia paling bergengsi di muka bumi.

Ditambah lagi dengan kapasitas 82.000 penonton yang bisa dutampung, menjadikan JIS kian pantas menggelar partai-partai berskala besar.

Namun layaknya proyek ambisius lainnya, JIS tidak dibangun dengan proses mudah dan waktu yang singkat.

Sempat ada beberapa kendala yang datang menghadang sampai peresmiannya pada pertengahan 2022 lalu.

Jakarta International Stadium sejatinya sudah mulai dibahas pendiriannya sejak 2009 dimana Jakarta, tempat stadion tersebut berada, masih di era pemerintahan Gubernur Fauzi Bowo.

Awalnya nama yang akan digunakan adalah Stadion BMW yang merupakan kepanjangan dari Bersih Manusia Wibawa.

Sayangnya niatan tersebut justru terhalang oleh sengketa tanah. Hambatan belum juga terselesaikan bahkan ketika tongkat kepemimpinan ibu kota berpindah ke Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Baru pada 2019 ketika kursi Gubernur didukuki oleh Anies Baswedan proyek JIS kembali bergulir sebelum akhirnya menggelar grand opening stadion pada 24 Juli 2022.