In-depth

Teranyar Ibrahima Konate, Daftar Pesepak Bola Top Dunia yang Bergelar Haji

Rabu, 28 Juni 2023 14:29 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Molly Darlington
Ibrahima Konate, pemain Prancis di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington) Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Ibrahima Konate, pemain Prancis di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM - Sejumlah pesepakbola muslim top dunia ternyata tidak melupakan kewajibannya untuk menunaikan rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji. Berikut daftar pesepakbola top yang sudah berangkat haji.

Hampir seluruh kompetisi sepak bola di daratan Eropa saat ini tengah mengalami jeda setelah musim 2022-2023 rampung digelar. 

Liburnya agenda kompetisi dan latihan pramusim yang belum dimulai, waktu senggang digunakan oleh banyak pesepakbola Eropa untuk berlibur.

Tak terkecuali pesepakbola yang beragama Islam. Jeda kompetisi yang bertepatan dengan Idul Adha, dimanfaatkan oleh meraka untuk melaksanakan rukun Islam kelima yaitu menunaikan ibadah haji.

Bagi seorang Muslim, menunaikan ibadah haji merupakan suatu hal yang menjadi dambaan. Sebagai rukun Islam yang kelima, haji dianggap sebagai penyempurna dalam menegakkan kehidupan yang islami.

Pelaksanaan ibadah haji dimulai pada 8 Zulhijah dengan ditandai umat Muslim dari seluruh dunia bermalam di Mina kemudian dilanjutkan dengan wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah.

Ibadah haji diakhiri dengan melempar jumrah, atau melempar batu dengan maksud menghajar setan pada 10 Zulhijah.

Ibadah haji ini juga pernah dijalani oleh beberapa pesepakbola muslim terkenal di dunia. Terbaru ada Ibrahima Konate

Baru-baru ini, beredar sebuah video di mana bek asal Prancis itu baru mendarat di bandara Arab Saudi, ia menggunakan pakaian ihram untuk melakukan ibadah haji.

Pada video tersebut, Ibrahima Konate mengaku menyiapkan perjalanan ibadah haji dengan 'sat set' dan nyaman saat menggunakan platform tertentu.

"Saya memperoleh Visa dan perjalanan saya melalui platform Nusuk Hajj. Saya bisa pergi dengan sangat nyaman meskipun ada banyak orang di platform ini," ucap Konate.

"Saya pergi (haji) dengan sangat lancar dan sangat bahagia," ungkap pemain kelahiran Prancis, 25 Mei 1999 itu. Konate berangkat haji di usia sangat muda, yakni 24 tahun.

"Sejujurnya, (proses) ini berjalan sangat cepat. Saya pikir akan ada banyak orang dan saya pikir akan sulit untuk keamanannya, tetapi dalam lima menit saya sudah keluar dari bandara," tukasnya.

Selain Ibrahima Konate, beberapa pesepakbola top dunia yang beragama Islam juga sudah lebih dahulu menunaikan ibadah haji, berikut daftarnya: