In-depth

FSG Katanya Pelit ke Liverpool, Ini Profil dan Harta Kekayaan John W Henry

Sabtu, 1 Juli 2023 08:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FC
Profil singkat dan harta kekayaan pemilik Liverpool, John W Henry. Foto: Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FC. Copyright: © Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FC
Profil singkat dan harta kekayaan pemilik Liverpool, John W Henry. Foto: Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FC.

INDOSPORT.COM - Profil singkat dan harta kekayaan John W Henry, yang tidak lain tidak bukan bos Fenway Sports Group, pemilik klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Fenway Sports Group (FSG), sudah melalui jalan yang sangat panjang setelah mengambil alih Liverpool dari tangan Tom Hicks dan George Gillett.

Selama berada dalam genggaman FSG, Liverpool juga telah mengalami momen pasang surut, hingga akhirnya bisa menjadi klub dengan seabrek gelar juara.

Semua berkat kedatangan Jurgen Klopp yang merapat pada 2015 menggantikan manajer sebelumnya, Brendan Rodgers.

Bahkan, FSG pun tidak gegabah dalam mengambil keputusan saat pelatih asal Jerman tersebut tidak langsung ngegas dan menyumbang trofi.

Alih-alih mencari pengganti, FSG malah memberi kepercayaan kepada Jurgen Klopp untuk bertahan lebih lama, dan kesabaran mereka pun membuahkan hasil.

Liverpool berhasil memenangkan banyak trofi termasuk Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Liga Inggris, dan yang lainnya.

Akan tetapi, ada satu hal yang membuat nama FSG dan John W Henry kerap disorot publik, yakni sepak terjang mereka di bursa transfer pemain.

Liverpool termasuk salah satu klub yang enggan jor-joran berbelanja pemain. Bahkan, kecenderungan ini sempat membuat Jurgen Klopp kalang kabut saat dilanda badai cedera.

Di sisi lain, FSG juga beberapa kali dikritik karena dianggap tidak menginvestasikan banyak dana untuk Liverpool.