Bursa Transfer

Rekap Lengkap Bursa Transfer Resmi Manchester City Musim 2023/2024

Jumat, 30 Juni 2023 19:58 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters-Matthew Childs
Jack Grealish dari Manchester City merayakan gol ke gawang Arsenal Reuters-Matthew Childs Copyright: © Reuters-Matthew Childs
Jack Grealish dari Manchester City merayakan gol ke gawang Arsenal Reuters-Matthew Childs

INDOSPORT.COM - Rangkuman aktivitas transfer pemain di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester City yang sudah resmi bergabung di bursa transfer musim panas ini.

Manchester City berhasil tampil sensasional pada kompetisi musim kemarin. Mereka secara tidak terduga mampu membuat sejarah dengan merebut tiga gelar prestisius sekaligus.

Yakni Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions. Ini adalah pertama kalinya Manchester City bisa merebut treble winner. 

Meski sudah tampil sempurna musim lalu, Manchester City masih terus berbenah karena skuad paten saat ini akan mengalami perubahan musim depan.

Hal itu karena beberapa pemain termasuk yang menjadi kunci permainan meninggalkan Etihad Stadium musim panas ini, salah satunya adalah Ilkay Gundogan.

Gelandang asal Jerman itu tak memperpanjang kontrak yang habis pada Juni 2023. Ia kemudian bergabung dengan Barcelona secara gratis. 

Kepergian Gundogan meninggalkan Untuk menatap musim depan, Manchester City sudah dikaitkan dengan beberapa nama pemain. Salah satunya adalah Declan Rice.

Dilansir dari Mirror, West Ham United kukuh pada pendiriannya untuk lepas Declan Rice mulai harga 100 juta Pounds atau setara Rp 1,9 triliun.

Manchester City sudah mendekati angka itu dengan penawaran 90 juta Pounds atau setara Rp 1,7 triliun. Akan tetapi, West Ham menolaknya.

Penolakan itu membuat Manchester City urung melanjutkan negosiasi. Alhasil, tim besutan Pep Guardiola mengalihkan bidikannya untuk pemain berposisi sebagai gelandang.

Incaran jatuh kepada gelandang milik Chelsea, Mateo Kovacic. Tanpa negosiasi yang alot, The Blues resmi melepas pemain asal Kroasia itu ke Manchester City dengan biaya 25 juta poundsterling dan dikontrak selama empat musim.

Artinya, gelandang berusia 29 tahun tersebut akan berada di Etihad Stadium hingga Juni 2027.

"Manchester City telah menyelesaikan perekrutan Mateo Kovacic dari Chelsea dengan kontrak empat tahun," demikian bunyi pernyataan resmi klub.

Mateo Kovacic pun menjadi rekrutan pertama Man City pada musim panas 2023. Sejauh ini belum ada lagi pemain baru yang resmi diboyong oleh The Citizens.