Bola Internasional

Wenger Law, FIFA Kaji Aturan Offside Baru yang Bisa Bikin Inzaghi 'Balik' dari Pensiun

Senin, 3 Juli 2023 16:45 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Arnd Wiegmann
Wenger Law, FIFA mengkaji aturan offside baru yang bisa bikin legenda Italia, Filippo Inzaghi,
Wenger Law, FIFA mengkaji aturan offside baru yang bisa bikin legenda Italia, Filippo Inzaghi, "balik" dari pensiun. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann.

INDOSPORT.COM – Wenger Law, FIFA mengkaji aturan offside baru yang bisa bikin legenda Italia, Filippo Inzaghi, "balik" dari pensiun.

Arsene Wenger selaku Ketua Perkembangan Sepak Bola Global FIFA ingin mengadaptasi aturan offside terbaru, yaitu bagian tubuh mana yang nantinya akan dianggap offside.

Pada saat ini, seorang pemain dianggap offside apabila ada anggota badan dari penerima umpan melebihi posisi pemain lawannya.

Offside untuk saat ini sudah terjadi apabila hanya ada sedikit anggota badan yang melewati posisi pemain lawannya walaupun cuma sekitar beberapa centimeter saja.

Namun, usulan aturan offside versi Arsene Wenger yang terbaru ini mengemukakan bahwa seorang pemain dinyatakan offside apabila seluruh tubuhnya melebihi posisi pemain lawan.

Dengan demikian, jika ada anggota badan pemain yang melebihi sedikit saja dari posisi pemain lawan, mereka akan dinyatakan onside dalam aturan eks manajer legendaris Arsenal itu.

Aturan offside terbaru usulan Wenger ini kabarnya akan diuji coba terlebih dahulu di tiga negara, yaitu Belanda, Swedia, dan Italia.

Selain itu, aturan ini tampaknya akan membuat permainan sepak bola menjadi lebih seru karena tak menutup kemungkinan akan terjadi hujan gol.

Aturan ini tentu saja akan menguntungkan sejumlah penyerang dan kiranya sedikit merepotkan bek dalam menjaga lawannya tersebut.

Menariknya, aturan offside terbaru FIFA usulan Arsene Wenger ini jadi bahan guyonan di media sosial di mana  seorang legenda seperti Filippo Inzaghi bisa "balik" dari pensiunnya.