In-depth

3 Fakta Debut Gali Freitas di Liga 1, Layak Dipuji Meski Cetak Gol Kontroversial

Rabu, 5 Juli 2023 22:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Instagram@psisfcofficial
Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas di laga Liga 1. (Foto: Instagram@psisfcofficial) Copyright: © Instagram@psisfcofficial
Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas di laga Liga 1. (Foto: Instagram@psisfcofficial)

INDOSPORT.COM - Bomber Timnas Timor Leste, Paulo Gali Freitas, bisa tersenyum dalam debutnya di Liga 1 2023-2024 bersama PSIS Semarang. Meski diwarnai kontroversi gol berbau offside, Gali tampil bagus melawan Bhayangkara FC.

Gali Freitas diturunkan dalam laga di Stadion Jatidiri Semarang, Senin (3/7/23) malam. Gali menjadi pemain asing asal Timor Leste pertama yang bermain di Liga 1.

Performa yang ditunjukkan Gali Freitas terbilang luar biasa. Tak sekadar mencetak gol, Gali juga berperan penting dalam gol ketiga PSIS yang dicetak Boubakary Diarra.

Gali dipasang sebagai penyusup di pagar pemain Bhayangkara FC, untuk menutup tendangan bebas Septian David Maulana.

Ketika David menendang bola, Gali langsung berjongkok dan bola gagal ditangkap Awan Setho. Bola muntah itu kemudian disambar Boubakary Diarra.

Gol itu membuat PSIS mengakhiri laga pertama musim ini dengan kemenangan 3-1 atas Bhayangkara FC.

Selain fakta tentang peran tersebut, INDOSPORT.com merangkum tiga fakta lain tentang debut Paulo Gali Freitas di Liga 1 2023-2024. Simak ulasan berikut ini!

Gantikan Vitinho

Gali Freitas mengawali aksinya di luar Timor Leste sebagai pemain pengganti. Gali Freitas diturunkan pada pekan pertama Liga 1 2023-2024, melawan Bhayangkara FC, dari menit ke-63.

Gali Freitas masuk ke lapangan menggunakan nomor punggung 17. Pemain kelahiran 31 Desember 2004 ini menggantikan winger asal Portugal, Vitinho.

Dalam pertandingan itu, Gali Freitas menjadi sosok kedua yang dimasukkan pelatih Gilbert Agius. Pada menit ke-46, Gilbert sudah memasukkan Luthfi Kamal yang menggantikan peran Ridho Syuhada.

Masuknya dua nama ini membuat sektor penyerangan PSIS lebih hidup. Sektor tengah yang dipegang Luthfi Kamal juga lebih seimbang.

Makanya, PSIS bisa mencetak tiga gol balasan lewat Carlos Fortes, Gali Freitas dan Boubakary Diarra. Sebelum tercipta tiga gol PSIS, Bhayangkara FC unggul 1-0 pada babak pertama berkat gol Muhammad Ragil.