Liga Indonesia

Jadi Ketua Komite Wasit, Erick Thohir: Kalau Ada yang Aneh, Dihukum Seumur Hidup

Rabu, 5 Juli 2023 16:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir. Copyright: © PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan dirinya akan memimpin komite wasit PSSI. Nantinya ada sejumlah nama figur profesional yang dipilih untuk menempati beberapa posisi. 

Erick Thohir turun langsung memimpin supaya bisa melihat langsung kinerja para pengadil lapangan. Jika ada hal aneh yang terdeteksi, dia akan memberikan hukuman tegas. 

"Komite wasitnya itu dipimpin saya sendiri, supaya tidak ada intervensi. Nanti komite lain yang akan diumumkan kita lagi bicara satu dan lainnya," ujarnya. 

"Jadi komite wasit saya pimpin sendiri. Kalau ada yang aneh kan bisa dihukum seumur hidup langsung. Karena memang komitmennya seperti itu kan," imbuhnya. 

Ketum PSSI menjelaskan, komitmen PSSI adalah memberantas mafia di sepak bola Indonesia. Salah satu caranya adalah memastikan wasit bekerja dengan baik. 

Belum lama ini, PSSI bekerja sama dengan federasi Jepang (JFA) untuk penyegaran wasit. Ada dua instruktur wasit dari Jepang yang menyeleksi ratusan wasit untuk Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. 

Itu adalah upaya PSSI menciptakan pertandingan sepak bola yang bersih, bebas mafia wasit dan match fixing. Karena itu, para pengadil harus menjadi bagian penting dari ekosistem ini.

"Ketika saya bertemu Pak Kapolri, ada dua proses kan, kalau di pihak kepolisiannya berbeda. Kalau di PSSI dihukum seumur hidup untuk wasit,  pemain, pengurus maupun pemilik (klub)," ujar Ketum PSSI.  

"Karena kalau cuma dihukum penjara 2-3 tahun nanti balik lagi. Tapi kalau (dihukum) seumur hidup ga boleh di bola,  gatal-gatal itu," sambungnya. 

Sebelumnya, Komite Wasit dipegang anggota Komite Eksekutif (Exco), Ahmad Riyadh. Baru kali ini Ketua Umum PSSI turun tangan langsung mengemban amanah sebagai ketua.