Liga Indonesia

Muncul ke Publik, Kurnia Meiga Ungkap Kondisi Sakit Selama Ini

Rabu, 5 Juli 2023 15:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Pemberian bantuan dari PSSI untuk eks kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Pemberian bantuan dari PSSI untuk eks kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga.

INDOSPORT.COM - Eks kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga akhirnya berbicara ke publik mengenai kondisi sakit yang dialami selama enam tahun terakhir. Dia mengatakan mengalami masalah dengan pengelihatan. 

Sejak 2017, Kurnia Meiga tidak lagi aktif bermain. Dia tidak masuk skuad Arema FC tanpa ada kejelasan status, lantaran tidak menyatakan pensiun. 

Pemain 33 tahun itu dilaporkan mengalami sakit tapi tidak ada informasi akurat dari klub, dokter maupun konfirmasi dari Kurnia Meiga terkait kondisi sebenarnya. 

Kini, adik kandung almarhum Achmad Kurniawan itu menjelaskan jika pengelihatannya hanya berfungsi lima persen. Karena itu, dia tidak bisa bermain sepak bola dalam beberapa tahun terakhir.  

"Untuk penyakit dari 2017 sampai saat ini, kondisi saya memang masih kurang lebih 5 persen di penglihatan. Untuk fisik ya Alhamdulillah masih tetap jaga kondisi," katanya di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (05/07/23) siang. 

Kurnia Meiga saat ini sudah ditangani oleh dokter dari Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP). Bulan lalu, dia sudah jalani pemeriksaan dan ditemukan masalah atau ada kelainan di kedua matanya. 

Ke depan, kiper kelahiran 7 Mei 1990 itu akan berobat ke luar negeri yakni Vietnam. Tapi, hal itu masih dalam tahap perencanaan.

Istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir menjelaskan selama ini keluarganya telah berusaha melakukan pengobatan. Hanya saja, hasilnya belum maksimal.  

"Pengobatannya kita sudah lalui semua, medis, alternatif, dan non medis juga sudah. Karena kebetulan dari awal sakit fisiknya sehat banget dan kemarin hasil dokter juga, MRI, CT scan semuanya normal, urine juga sudah, USG sudah semua, tidak ada kendala. Jadi hanya kendala di penglihatan saja," tutur Azhiera.