Timnas Indonesia

Bima Sakti Usung Kombinasi Garuda Select dan Skuat Emas Piala AFF U-16 untuk Timnas U-17

Jumat, 7 Juli 2023 09:52 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, tengah menyiapkan susunan pemain untuk bertarung di Piala Dunia U-17 2023, November mendatang.

Diketahui, PSSI sepakat melakukan sinkronisasi pemilihan pemain dari program Garuda Select yang sudah berlangsung sejak Rabu (5/7/23) sampai Jumat (7/7/23).

Sebanyak 132 pemain diseleksi untuk program Garuda Select dan timnas U-17 yang mana kolaborasi tersebut dipimpin oleh Dennis Wise dan Indra Sjafri.

Penyelarasan dua program tersebut bertujuan untuk menciptakan pemain-pemain timnas U-17 yang memiliki kualitas apik dalam rangka persiapan Piala Dunia U-17.

Namun rupanya, Bima Sakti mengungkapkan bahwa sejatinya kerangka tim untuk Piala Dunia U-17 sudah dibentuk. Hanya saja, masih dibutuhkan beberapa pemain muda anyar untuk pelengkap sekaligus penguat.

"Kami akan mencari pemain-pemain yang siap untuk Piala Dunia U-17. Kami ingin melihat sikon dulu. Yang pasti, kami mencari pemain-pemain sesuai kebutuhan," terang Bima Sakti di Stadion Madya, GBK, Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/23).

"Kami juga sudah memiliki kerangka Tim diisi pemain-pemain di Piala AFF U-16 2022, lalu sekarang kami mencari pemain-pemain yang akan kami beri kesempatan sebagai penyempurnaan tim," sambungnya.

Selain itu, Bima Sakti juga sedikit membocorkan soal kriteria pemain baru yang akan lolos seleksi untuk bergabung masuk skuat Piala Dunia U-17.

Dikatakan Bima Sakti, kriteria yang pertama ialah soal kualitas pemain, yang mana hal itu dinilai dari segi skill individu. Kemudian, chemistry dengan tim juga menjadi perhatian khusus, termasuk mental bertanding.

"Postur tubuh juga sesuaikan dengan posisi, seperti penjaga gawang itu harus 170-180 cm ke atas. Kemudian pemain bertahan, pemain tengah, dan penyerang itu ada kriterianya masing-masing," kata Bima Sakti.