In-depth

Sebelum Pergi, Jurgen Klopp Siapkan Banyak Pewaris untuk Sektor Gelandang Liverpool

Sabtu, 8 Juli 2023 22:52 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Satish Kumar
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar. Copyright: © REUTERS/Satish Kumar
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Sebelum kontraknya selesai di klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, Jurgen Klopp punya PR besar untuk mewariskan skuad juara ke penerusnya kelak.

Selama bertahun-tahun, pelatih asal Jerman ini sudah membangun era baru dalam sejarah Liverpool, di mana klub asal Merseyside ini mengalami peningkatan prestasi yang signifikan.

Yang paling mentereng tentu saja keberhasilan menjuarai Premier League Liga Inggris setelah menanti kurang lebih tiga dekade lamanya.

Cita-cita itu, sejatinya sempat akan terwujud saat masa kepemimpinan Brendan Rodgers. Hanya saja, nasib manajer yang satu ini belum seberuntung Jurgen Klopp.

Kontrak Jurgen Klopp di Liverpool sendiri akan berakhir pada 2026. Nampaknya, ia tidak akan masuk kategori manajer yang bakal dipecat oleh klub yang mempekerjakannya.

Fenway Sports Group (FSG), terhitung sudah cukup sabar menanti tangan ajaibnya menyulap The Reds menjadi lebih bertaring, yang butuh waktu tidak sebentar.

Liverpool mungkin termasuk salah satu klub yang tidak gegabah bergonta-ganti juru taktik saat hasil yang diinginkan belum ada dalam genggaman.

Kesabaran itu pun pada akhirnya membuahkan hasil, mulai dari trofi Liga Inggris, Liga Champions, dan masih banyak lagi.

Hanya saja, saat ini Liverpool sedang berada dalam masa-masa sulit karena nihil gelar dan terlempar ke Liga Europa.

Tidak ayal, Jurgen Klopp harus memperbaiki situasi ini sebelum nanti benar-benar angkat kaki pada 2026 saat kontraknya berakhir.