In-depth

De Gea dan Deretan Kiper yang Menjadi Legenda tapi Bernasib Tragis di Akhir Karier Bela Klubnya

Minggu, 9 Juli 2023 21:20 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/Matthew Childs
Aksi kiper Manchester United, David de Gea, dalam pertandingan Liga Inggris kontra West Ham. Copyright: © Reuters/Matthew Childs
Aksi kiper Manchester United, David de Gea, dalam pertandingan Liga Inggris kontra West Ham.

INDOSPORT.COM - Kepergian mendadak David de Gea dari klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United mengejutkan semua pihak, karena ia merupakan salah satu legenda klub tapi bernasib tragis di akhir kariernya.

Pengumuman hengkangnya David de Gea dari Manchester United disampaikan melalui akun Instagram resmi @d_degeaofficial.

David de Gea mulanya merupakan  kiper andalan Manchester United, setidaknya dalam 12 tahun belakangan.

Kerap kali tampil konsisten, De Gea merupakan andalan di posisi penjaga gawang MU dan kerap kali melakukan penyelamatan gemilang.

Hanya saja, pembicaraan perpanjangan kontrak yang mandek antara klub Liga Inggris, Man Utd dan David de Gea dalam beberapa bulan belakangan kemudian tak berlanjut.

Salah satu masalah yang santer terdengar adalah keengganan De Gea untuk mengurangi gajinya di kontrak baru. Selain itu, ada indikasi bahwa eks kiper Atletico Madrid ini bakal jadi kiper kedua di Manchester United.

Kemudian, David de Gea memutuskan untuk hengkang usai tak ada kontrak baru yang diteken hingga 30 Juni 2023 lalu. Kini kiper asal Spanyol itu berstatus tanpa klub.

Di sisi lain kepergian De Gea menimbulkan kegaduhan terutama di kalangan para penggemar Setan Merah, karena manajemen tidak mencerminkan sebuah tim yang menghormati pemain berjasanya.

De Gea sendiri sejak didatangkan dari Atletico Madrid sudah cukup berjasa dalam memberikan sejumlah prestasi untuk Manchester United.

Tetapi torehan itu ternyata tidak dianggap penting, sehingga kepergiannya sangat tidak direncanakan ataupun dipersiapkan oleh klub, malah seperti diusir secara paksa.

David de Gea bukanlah kiper pertama yang merasakan diusir secara paksa oleh klubnya, berikut beberapa nama yang mengalami nasib serupa.