Liga 1

Bertensi Tinggi, Persik Kediri Antusias Sambut Derby Jatim Kontra Arema FC

Rabu, 12 Juli 2023 19:51 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Persik Kediri
Pelatih Persik Kediri asal Brasil, Marcelo Rospide. Copyright: © MO Persik Kediri
Pelatih Persik Kediri asal Brasil, Marcelo Rospide.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri menjalani 5 jadwal pertandingan pada kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024 yang bisa dibilang cukup berat selama Bulan Juli ini.

Setelah diimbangi Borneo FC 1-1 di Stadion Brawijaya Kediri, Senin (03/07/23), Persik juga kalah 2-3 dalam Derby Jatim di markas Madura United, Minggu (09/07/23).

Arthur Irawan dkk juga langsung menatap derby keduanya kontra Arema FC. Kedua tim dijadwalkan bertemu di Stadion Brawijaya Kediri, pada Sabtu (15/07/23).

Khusus menghadapi Arema FC, laga nanti diprediksi bakal berlangsung dengan tensi tinggi. Hal ini tak lepas dari masa lalu kedua klub yang bersilangan.

Kendati demikian, Marcelo Rospide mangaku sangat antusias dalam menyambut Derby Jatim keduanya, pasca resmi menjabat Pelatih Persik Kediri musim ini.

"Saya suka pertandingan derby. Ini sangat bagus untuk membuat pandangan kami lebih serius menatap pertandingan," bilang Marcelo Rospide Selasa (11/07/23).

"Pertandingan dengan tensi tinggi juga sangat bagus bagi tim ini dalam mengeluarkan segala kemampuan terbaik untuk menang," sambung dia.

Dalam pertemuan musim lalu, kedua tim saling mengalahkan di Liga 1. Persik lebih dulu dipermalukan saat menelan kekalahan 0-1 dari Arema FC di Kediri (17/09/22).

Namun, tim yang kala itu dibesut Divaldo Alves bangkit di putaran kedua. Mereka melibas Arema FC yang menjalani home usiran di Jakarta, Selasa (28/02/23) lalu.

"Laga derby akan membuat kami menjaga kewaspadaan tingkat tinggi, kerja ekstra keras untuk mendapatkan hasil terbaik," tandas pelatih 52 tahun itu.

Target Menang

Terlepas dari status Derby Jatim, pertemuan kontra Arema FC pada Sabtu (15/07/23), jelas tak akan disia-siakan Persik Kediri untuk mendulang poin penuh.

Hal ini karena tim berjulukan Macan Putih belum mengemas kemenangan pertamanya pada kompetisi musim ini. Dua laga mereka lakoni dengan 1 angka.

Persik memulai Liga 1 dengan hasil imbang 1-1 menjamu Borneo FC, Senin (03/07/23), sebelum dikalahkan Madura United 2-3 dalam Derby Jatim, Minggu (09/07/23) lalu.

"Dua pertandingan awal kami jalani dengan permainan bagus dan penuh gairah. Kendati hasilnya tak cukup," beber Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide.

"Sehingga laga melawan Arema FC bermakna sangat penting. Kami tak ingin kecewa lagi, dengan mengamankan poin penuh," sambung dia.

Kendati demikian, dia tak menepis bahwa Arema FC juga tak memberi 3 poin secara mudah ketika Persik menjamu mereka di Stadion Brawijaya Kediri.

Lantaran tim berjulukan Singo Edan itu juga meraih hasil serupa, dengan imbang 3-3 kontra Persib Bandung, Jumat (07/07/23) setelah dikalahkan Dewa United 0-1, Minggu (02/07/23).

Hasil satu angka juga menempatkan kedua tim sejajar di papan tengah. Arema FC berada di urutan 13 klasemen Liga 1, Persik tepat di bawahnya.

"Saya yakin, Arema FC juga datang ke Kediri dengan target yang sama, yakni tiga poin," beber pelatih yang sempat menukangi Gremio FC tersebut.

"Dari pengamatan saya, Arema FC adalah tim kuat dari sisi fisik, dengan lini serang yang bagus. Tapi saya optimis tim kami akan menang," pungkas dia.