In-depth

Menderita Financial Fair Play, AS Roma Lepas 3 Pemain Bintang yang Bisa Menuju AC Milan

Rabu, 12 Juli 2023 19:07 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Alberto Lingria
Edoardo Bove dan Tammy Abraham merayakan gol di laga AS Roma vs Bayer Leverkusen (12/05/23). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria) Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Edoardo Bove dan Tammy Abraham merayakan gol di laga AS Roma vs Bayer Leverkusen (12/05/23). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), AS Roma berpotensi melepas tiga pemain bintangnya karena mereka sedang terlilit masalah finansial. AC Milan pun bisa jadi klub kandidat pelabuhan baru para pemainnya.

AS Roma menjadi salah satu klub di Italia yang paling sibuk di bursa transfer musim panas 2023 ini. Bukan hanya beraktivitas mencari pemain baru, mereka juga dipusingkan untuk menjual beberapa pemain lama.

Hal itu karena AS Roma harus mematuhi regulasi Financial Fair Play (FFP), setelah mereka bersama tujuh klub lain dihukum denda karena melanggar aturan di awal musim lalu.

Mereka dinilai bersalah telah menyalahi aturan Financial Fair Play selama tiga musim terakhir. Sanksi pun diberikan Badan Kontrol Finansial Klub UEFA (CFCB),Jumat (2/9/22) malam WIB.

CFCB menyatakan AC Milan, AS Monaco, AS Roma, Besiktas, Inter Milan, Juventus, Marseille, dan Paris Saint-Germain tidak memenuhi syarat Financial Fair Play.

Sanksi yang diberikan sebesar 172 juta euro, dipotong dari pendapatan apa pun yang diperoleh setiap klub dalam partisipasi di kompetisi UEFA, atau dibayarkan secara langsung.

15 persen (26 juta euro) dari sanksi tersebut berstatus tanpa syarat alias harus dibayar penuh.

Denda sisanya (146 juta euro) dicicil sesuai syarat, tergantung pada kepatuhan setiap klub terhadap target yang dinyatakan dalam perjanjian penyelesaian mereka.

AS Roma sendiri menempati urutan ke-2 dalam daftar sanksi UEFA dengan denda mencapai 35 juta euro, 5 juta euro di antaranya harus dibayar penuh.

PSG menjadi tim dengan sanksi terberat mencapai 65 juta euro dan wajib membayar penuh tanpa syarat 10 juta euro. UEFA juga memberi ancaman kepada klub-klub di atas apabila tidak mematuhi kesepakatan.

Ancamannya yakni dikeluarkan dari kompetisi UEFA untuk musim 2024/2025 dan 2025/2026. 

Untuk menghindari ancaman itu, AS Roma pun perlu mendapatkan asupan dana segar di pembukuan mereka sebesar 30 juta euro sebelum 30 Juni untuk menyeimbangkan pembukuan dengan parameter Financial Fair Play.

Caranya dengan menjual beberapa pemain bintangnya ke sejumlah klub termasuk mungkin AC Milan yang berminat, karena Rossoneri juga ingin mendatangkan pemain anyar dengan harga murah. Siapa asaja yang bisa dijual?