Liga 1

Pelatih Persik Kediri Ungkap Alasan Rekrut Striker Brasil Berkategori Non Bintang

Rabu, 12 Juli 2023 19:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri akhirnya memungkasi perburuan terhadap pengisi slot pemain asing tersisa dalam mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Jeffeson Vieira Eufrazio jadi pemain asing terakhir yang diresmikan sebagai bagian tim berjulukan Macan Putih, jelang melakoni jadwal pekan ke-3 kompetisi.

Striker yang akrab disapa Jefinho ini diproyeksikan Persik untuk menggantikan striker asing sebelumnya, Pedro Paulo Alves yang telah dicoret dari skuad.

Sehingga, keberadaan Jefinho melengkapi 6 kuota pemain asing sebagaimana aturan regulasi. Tentu saja, hal ini sangat membantu tim dalam menatap kompetisi.

Sebelumnya, sudah ada Renan Da Silva dan Anderson Nascimento (Brasil). Selain Rohit Chand (Nepal), Flavio Silva (Portugal) dan Simen Lyngbo (Filipina).

"Kedatangan dia (Jefinho) tentu karena sesuai dengan kebutuhan tim, terutama di lini serang," pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide menerangkan Selasa (11/07/23).

Salah satu pertimbangan Persik merekrut striker berusia 29 tahun itu, tak lain adalah kualitas. Jefinho dipandang sesuai dengan karakter striker target man.

Hal ini dibuktikannya ketika berlaga di Liga Primer Lebanon 2022/2023 lalu. Jefinho mencetak 5 gol dalam 10 dari 21 pertandingan untuk Nejmeh SC.

"Saya melihat dia (Jefinho) punya kemampuan cukup baik ketika berada di kotak penalti," beber pelatih berkebangsaan Brasil tersebut.

"Saya pikir perannya akan sangat penting untuk tim. Karena kami ingin tim ini bisa lebih efektif ketika melakukan serangan," imbuh dia.

Kategori Non Bintang

Mengacu datanya sebagaimana paparan Soccerway, Jeffeson Vieira Eufrazio alias Jefinho, merupakan striker asal Brasil yang berkategori non bintang.

Lantaran klub-klub yang diperkuatnya selama di Brasil tidak pernah berlaga di Serie A, kasta kompetisi sepak bola paling elit di Negeri Samba.

Jefinho sebelumnya berlaga untuk ABC FC yang turun di Serie C Brasil (2019 dan 2022). Bahkan pada 2021, dia membela Ferroviaria yang berkompetisi di Serie D.

Kompetisi terbaik yang diikutinya adalah Serie B. Jefinho membela Operairo PR musim 2020, kemudian ditransfer klub Sampaio Correa pada 2021.

Kendati demikian, Marcelo Rospide punya alasan kuat mengapa memilih Jefinho. Lantaran striker berusia 29 tahun itu adalah target paling realistis.

"Sebelumnya, kami mengantongi sejumlah striker asing. Tapi, Jefinho menjadi opsi yang paling mungkin didatangkan kesini," bilang Pelatih Persik Kediri itu.

"Sedangkan beberapa striker lain sudah terikat kontrak dengan klubnya. Ada beberapa lagi yang kondisinya tidak memungkinkan," tambah dia.

Kendati bukan kategori bintang, tapi itu tidak menyurutkan optimisme Persik Kediri terhadap Jefinho. Ekspektasinya tetap sama, yakni menunggu gol-golnya.

"Itu pertimbangan yang paling penting. Saya juga melihat kemampuannya cukup bagus ketika di kotak penalti lawan," pungkas Marcelo Rospide.