In-depth

Profil Takuto Miki, Rekrutan Anyar Persipa Pati Asal Jepang yang Berjaya di Mongolia

Rabu, 12 Juli 2023 16:46 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Instagram@persipaofficial
Takuto Miki, winger asal Jepang rekrutan baru Persipa Pati untuk Liga 2 2023/2024. (Foto: Instagram@persipaofficial) Copyright: © Instagram@persipaofficial
Takuto Miki, winger asal Jepang rekrutan baru Persipa Pati untuk Liga 2 2023/2024. (Foto: Instagram@persipaofficial)

INDOSPORT.COM - Persipa Pati baru saja memperkenalkan Takuto Miki. Winger asal Jepang direkrut menatap kompetisi Liga 2 2023-2024. Siapa sebenarnya pemain 20 tahun ini? Berikut profil Takuto Miki.

Persipa tampak serius menatap kompetisi kasta kedua musim ini. Tak sekadar mendatangkan pemain-pemain lokal, seperti Sutan Zico, Persipa juga sudah memiliki pemain asing.

Sosok tersebut adalah Takuto Miki. Pemain yang belum pernah berkarir di Indonesia ini mendarat di Jakarta pada Selasa (11/07/23).

Kedatangan Takuto Miki dijemput langsung oleh presiden klub Persipa, Amal Alghozali bersama Chief Executive Officer (CEO) Persipa, Joni Kurnianto.

"Selamat datang di rumah barumu, Takuto!," tulis Persipa Pati dalam Instagram resminya.

Profil Takuto Miki

Tak banyak informasi mengenai Takuto Miki. Pemain yang lahir pada 19 April 2003 ini belum lama memulai karir profesional sebagai pesepakbola.

Dalam curriculum vitae yang dia cantumkan dalam instagram pribadinya, Takuto Miki merupakan pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang sayap kiri serta penyerang.

Pemain bertinggi 180 sentimeter ini mengawali kariernya bersama klub amatir di Jepang, Osaka Korean FC (OKFC). Klub yang berdiri pada tahun 1967.

OKFC mengikuti kompetisi di Prefektur Osaka. Takuto Miki menjadikan OKFC sebagai batu loncatan untuk menggapai mimpi menjadi pesepakbola di Eropa.

NK Spartak Mala Subotica menjadi klub pertamanya di Benua Biru. Klub tersebut merupakan tim yang mengikuti kompetisi amatir di Kroasia, Medimurska Premier NL.

Di Instagram pribadinya, Takuto Miki mengunggah sejumlah aksi bersama NK Spartak Mala Subotica. Ia mencetak beberapa gol dalam pertandingan yang sepi penonton.

Tak lama setelah berada di Eropa, Takuto Miki memutuskan pulang ke Asia. Ia menjajal kompetisi di negara Mongolia bersama tim yang bernama FC Ulaanbaatar sejak 6 Maret 2023.

Di klub ini, Takuto Miki sukses membantu timnya meraih gelar Mongolia Premier League 2022-2023. Gelar ini menjadi yang kedua dalam sejarah klub setelah tahun 2011 lalu.

Namun, sulit untuk mendapatkan data tentang kontribusi Takuto Miki untuk FC Ulaanbaatar. Di klub ini, pemain Jepang yang sangat berpengaruh adalah gelandang Akihiro Suzuki.

Akihiro Suzuki sukses mencetak 28 gol sepanjang musim 2022-2023. Ia juga dinobatkan sebagai gelandang terbaik pada musim 2022-2023.

Tantangan di Persipa

Takuto Miki baru berusia 20 tahun. Tak banyak prestasi yang dia buat mengingat karir profesional baru dimulai di Liga Mongolia yang peringkat FIFA-nya jauh di bawah Indonesia.

Namun, bukan tak mungkin Takuto Miki akan bersinar di Liga 2. Salah satu hal yang perlu diadaptasinya adalah cuaca panas di Kabupaten Pati.

Di Persipa, ada beberapa pemain berpengalaman yang akan membantu Takuto Miki, seperti Tri Handoko, Gustur Cahyo Utomo, Ganjar Mukti, Sutan Zico Arnando hingga Yudi Safrizal.

Takuto Miki akan diperkenalkan ke publik Pati pada uji coba melawan Persijap Jepara dalam waktu dekat. Laga ini menjadi yang kedua setelah pertemuan pertama di Jepara berakhir untuk kemenangan Persijap 4-1.

Pelatih Nasal Mustofa memiliki waktu untuk membantu adaptasi Takuto Miki sebelum memulai aksi di Stadion Joyokusumo Pati. Kompetisi Liga 2 rencananya akan digelar pada September mendatang.