Liga 1

Arema FC Percaya Diri Targetkan Poin Penuh di Markas Persik Kediri

Jumat, 14 Juli 2023 18:26 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Liga 1 pekan ke-27 antara Arema FC vs Persik Kediri di Stadion PTIK, Jakarta, Selasa (28/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Liga 1 pekan ke-27 antara Arema FC vs Persik Kediri di Stadion PTIK, Jakarta, Selasa (28/02/23).

INDOSPORT.COM - Arema FC mengusung target tinggi dalam Derby Jatim menghadapi Persik Kediri pada pekan ke-3 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Sabtu (15/07/23).

Kendati berstatus tim tamu, tim berjulukan Singo Edan mematok poin penuh. Tentu, mereka punya pertimbangan kuat dibalik target tingginya dalam away ke Kediri.

"Situasi kedua tim hampir sama. Motivasi juga sama-sama ingin menang," bilang Pelatih Arema FC, Joko Susilo dalam pre-match press conferrence, Jumat (14/07/23).

"Persik dan Arema FC sama-sama kalah dan imbang saat bermain home. Jadi, peluang kedua tim sama besar," sambung pelatih yang akrab disapa Gethuk itu.

Ya, Persik Kediri dan Arema FC memang baru mengais satu angka dari 2 kali bertanding sejauh ini. Posisi kedua tim juga berdampingan di urutan 13 dan 14 klasemen.

Arema FC mendapatkan poin saat bermain imbang 3-3 melawan Persib Bandung di Bali (7/7/23) setelah kalah 0-1 di kandang Dewa United, Minggu (02/07/23).

Sementara Persik Kediri membuka kompetisi dengan hasil imbang 1-1 kontra Borneo FC (3/7/23) dan kalah 2-3 dijamu Madura United, Minggu (09/07/23) lalu.

Dari statistik itu, sudah jelas bahwa pekerjaan untuk membawa pulang poin, apalagi kemenangan dari Kota Tahu jelas tidak akan mudah.

"Persik selalu bermain dengan motivasi tinggi setiap pertandingan home. Permainan dengan pressing-pressing bagus," ulas pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

"Mereka juga menjalani pertandingan cukup bagus musim lalu. Pemain-pemain mereka terutama asing, berkualitas bagus," tambah Gethuk.

Optimisme Arema FC untuk merebut poin penuh di markas Persik Kediri juga tak lepas dari komposisi pemain yang diusung ke Kota Tahu.

Joko Susilo membawa para pemain terbaiknya. Kecuali Rifad Marasabessy yang absen karena cedera, dan 8 pemain yang sudah dilepas klub sebelumnya.

"Kedua tim sama-sama punya beberapa pemain baru. Sehingga saya pikir, kedua tim kekuatannya hampir sama dan tak jauh beda," ujar Pelatih Arema FC tersebut.

Sebagaimana diketahui, Arema FC memang melepas sejumlah pemain dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya Seiya Da Costa Lay yang mundur dari skuad.

Sementara 7 pemain lainnya dipinjamkan ke klub lain. Diantaranya Rendra Teddy (Deltras FC), Tito Hamzah dan Kevin Armedyah (Sumut FC).

Gufroni Al Maruf juga menjalani peminjaman ke Persikab Bandung. Begitu pula 3 pemain yang tak masuk proyeksi, yaitu Ahmad Bustomi, Ikhfanul Alam dan Iman Budi Hernandi.

"Kami membawa 23 pemain ke Kediri, termasuk semua pemain asing. Persiapan kami juga berjalan dengan lancar," papar Gethuk, panggilan karib dia.

"Semoga kami bisa menampilkan permainan terbaik, membuat pertandingan seru, menarik dan membawa tiga angka," pungkas Gethuk.