Liga 1

Keteguhan Hati Persis Solo Pasang Taktik Total Football Kontra Borneo FC

Jumat, 14 Juli 2023 20:04 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan antara PSS Sleman melawan Persis Solo di laga Liga 1 di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Jumat (07/07/23). (Foto: Nofik Lukman Hakim) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan antara PSS Sleman melawan Persis Solo di laga Liga 1 di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Jumat (07/07/23). (Foto: Nofik Lukman Hakim)

INDOSPORT.COM - Persis Solo masih tegas mengusung gaya bermain total football di Liga 1 Indonesia 2023-2024. Borneo FC bakal diserang habis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/7/23), tanpa peduli lini belakang kehilangan Jaimerson Xavier.

Sekadar mengingatkan, Persis baru meraih satu poin dari dua laga Liga 1 2023/24. Gawang yang dijaga Gianluca Pandeynuwu juga sudah kebobolan lima gol.

Namun, Laskar Sambernyawa punya prestasi tersendiri di mata para pencinta sepak bola Tanah Air. Dalam kondisi apapun, Persis tanpa keraguan menerapkan strategi menyerang total yang menghibur penonton.

Bahkan, Persis menjadi salah satu tim yang kerap bermain di sisi lapangan lawan. Hanya Gianluca saja yang berdiri di area permainan sendiri.

Strategi ini sejatinya belum efektif dalam mengamankan kemenangan. Terbukti Persis Solo selalu kecolongan ketika sudah memimpin.

Namun, strategi total football ala Leonardo Medina Arellano masih dipertahankan. Bahkan, Persis Solo siap menggempur Borneo FC yang terkenal memiliki kualitas penyerangan luar biasa.

"Tidak masalah jika kita bermain dengan tiga, empat atau lima pemain di belakang. Lebih penting bagaimana menekan lawan (di tengah). Kita harus mencetak skor dan menyerang dengan bagus," kata Leonardo Medina, Jumat (14/7/23).

Leo Medina merasa timnya sudah lebih siap bermain total menyerang. Dua partai awal kontra PSS Sleman dan Persebaya Surabaya menjadi pelajaran penting bagi Persis Solo.

"Kami bekerja dengan proses. Sekarang kami siap untuk menang melawan Borneo, kami harus menang. Kalau terlalu lama jelas tidak bagus untuk Persis," tutur Leonardo Medina.

"Kami harus bekerja keras dengan proses yang cepat. Kami siap meraih kemenangan. Kita senang dan gembira dengan pemain kami saat ini. Pemain harus kerja keras," lanjut pelatih asal Meksiko ini.

Tanpa Jaime Xavier

Strategi menyerang yang diusung Persis Solo sejatinya terbilang berani. Persis Solo bakal kehilangan dua bek penting yang tak pernah tergantikan musim lalu.

Dua nama ini adalah Gavin Kwan Adsit dan Jaimerson Xavier. Gavin jadi andalan menutup sektor kanan. Sementara Jaime merupakan palang pintu yang jadi komando lini belakang. Keduanya harus absen karena cedera.

Leo Medina mengaku tak khawatir dengan situasi ini. Mantan asisten pelatih Johor Darul Takzim ini cukup yakin dengan skuat yang dia milikinya.

"Kita punya dua pemain yang cedera itu tidak masalah. Kita bekerja dengan pemain yang ikut dalam latihan. Para pemain tahu bagaimana kita bermain, karena kita bekerja dengan seluruh pemain saya," ungkap Leo Medina.

Sementara itu, kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu, siap mendukung penuh strategi yang diinginkan pelatih Leo Medina.

Gianluca mengakui lima gol yang bersarang ke gawang Persis Solo merupakan sebuah risiko dari permainan. Para pemain bertanggung jawab atas gol-gol yang dicetak lawan.

"Kita sudah bekerja keras pada pekan ini untuk pertandingan melawan Borneo FC, agar kita bisa bertahan lebih baik dan bisa meraih kemenangan," ungkap Gianluca.

Evaluasi yang dilakukan Persis Solo akan diuji Matheus Pato dkk. Borneo FC cukup tajam dengan torehan empat gol dan kebobolan dua gol dalam dua pertandingan Liga 1 2023/24.

Borneo FC datang dengan percaya diri tinggi. Dalam lima pertemuan sejak klub ini berdiri dengan nama Borneo FC, mereka belum pernah kalah dari Persis Solo.

Borneo FC memenangkan dua dari lima pertemuan sejak Divisi Utama 2014. Sementara tiga pertemuan lain berakhir dengan hasil imbang.