Liga 1

Kemenangan atas Borneo FC di Liga 1 Bukti Kedewasaan Bermain Persis Solo

Minggu, 16 Juli 2023 09:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain Persis Solo merayakan gol yang dicetak oleh Fernando Rodriguez ke gawang Borneo FC pada laga pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di stadion Manahan, Sabtu (15/07/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain Persis Solo merayakan gol yang dicetak oleh Fernando Rodriguez ke gawang Borneo FC pada laga pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di stadion Manahan, Sabtu (15/07/23).

INDOSPORT.COM - Persis Solo sudah tahu caranya menang di Liga 1 2023-2024. Kemenangan atas Borneo FC 2-1 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/07/23), memberi bukti permainan Laskar Sambernyawa sudah lebih dewasa.

Persis Solo mengawali laga dengan mengejutkan. Pelatih Leonardo Medina memasang empat penyerang secara bersamaan, yakni David Gonzalez, Fernando Rodriguez, Ramadhan Sananta dan Irfan Jauhari.

Lalu, dua dari tiga bek di belakang ditempati para gelandang. Sutanto Tan dan Muhammad Kanu Helmiawan mendampingi Rian Miziar sebagai satu-satunya bek murni dalam starting eleven Persis Solo.

Cara ini terbukti membuat Borneo FC kerepotan. Persis Solo sukses mencetak dua gol cepat lewat sundulan Fernando Rodriguez dan sontekan Sananta.

Kedewasaan bermain Persis Solo tampak pada babak kedua, setelah Borneo FC mengejar satu gol lewat sundulan Leo Lelis. Persis Solo tampak sudah belajar dari kesalahan melawan Persebaya dan PSS Sleman.

Persis Solo tak lagi menyerang secara membabi-buta. Satu per satu pemain berkarakter menyerang diganti oleh pemain bertipe bertahan, seperti Eky Taufik, Faqih Maulana dan Taufiq Febriyanto.

Persis Solo pada akhirnya benar-benar mengamankan kemenangan. Sistem bertahan Persis Solo cukup ampuh untuk menjaga skor tetap 2-1.

"Sekarang saya senang, saya gembira dengan pemain-pemain, dan terima kasih pada suporter semua, karena kita memang perlu menang, dan kita melakukannya," ucap pelatih Persis Solo, Leonardo Medina.

Leo Medina tak lagi berpikir soal statistik pertandingan. Pada laga ini, Persis Solo benar-benar kalah, baik dari jumlah peluang maupun penguasaan bola.

Persis Solo hanya memegang 37 persen penguasaan bola. Padahal, saat kalah dari Persebaya 2-3, Persis Solo bisa menguasai 57 persen penguasaan bola.

"Statistik kadang-kadang tidak seperti yang kita mau, tetapi akhirnya para pemain bekerja keras untuk menang. Dan kadang-kadang, orang tidak memperdulikan statistik. Kita melakukannya dengan baik," jelas Leo Medina.

Leo Medina berbicara tentang perubahan permainan yang memang perlu dilakukan. Persis Solo membutuhkan tiga poin sebagai modal bersaing di klasemen Liga 1.

"Saya perlu jujur bahwa dalam pertandingan ini saya tidak memperhatikan statistik. Seperti yang saya bilang dalam jumpa pers sebelum pertandingan, kami sudah siap menang. Kita buktikan bisa menang," ungkap Leo Medina.

"Kami ingin menikmati kemenangan ini. Yang terpenting adalah menang karena orang-orang meminta kita untuk menang," imbuh pelatih berlisensi UEFA Pro ini.

Namun, filosofi bermain yang diinginkan Leo Medina tetap sama. Leo Medina ingin Persis Solo meraih kemenangan dengan mendominasi laga sepanjang permainan.

"Saya hanya ingin fokus tentang bagaimana caranya menang. Perlahan kami akan mencoba bermain baik karena ini adalah klub besar," tegas Leo Medina.

Madura United akan menjadi musuh selanjutnya dari Alexis Messidoro dkk. Laga pekan keempat Liga 1 2023-2024 akan berlangsung di Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (23/7/23) nanti.

Persis Solo memiliki kenangan manis dengan Gelora Ratu Pamelingan. Musim lalu, Persis Solo meraih kemenangan dramatis dengan skor 3-2.