Liga 1

Pembelaan Aji Santoso terhadap Sho Yamamoto yang Belum Nyetel di Persebaya

Minggu, 16 Juli 2023 14:01 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@officialpersebaya
Pemain Barito Putera berusaha mengejar seranga dari pemain Persebaya, Sho Yamamoto pada pekan ketiga Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Sabtu (08/07/23). (Foto: Instagram@officialpersebaya) Copyright: © Instagram@officialpersebaya
Pemain Barito Putera berusaha mengejar seranga dari pemain Persebaya, Sho Yamamoto pada pekan ketiga Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Sabtu (08/07/23). (Foto: Instagram@officialpersebaya)

INDOSPORT.COM - Pemain asing Persebaya Surabaya, Sho Yamamoto, mulai mendapatkan kritik dari publik lantaran permainannya dianggap kurang maksimal di awal musim Liga 1 Indonesia 2023/24.

Menanggapi hal ini, pelatih Aji Santoso dengan tegas memberikan jawaban. Dia menganggap proses adaptasi dan penyesuaian dalam sepak bola adalah sesuatu yang wajar.

“Memang dia belum cetak gol dari dua pertandingan, saya kira itu wajar. Pertandingan juga masih awal-awal. Sebenarnya menurut saya, Sho enggak ada masalah ya,” kata Aji Santoso dalam jumpa pers, Sabtu (15/7/23).

"Saya justru bingung dengan tekanan yang diarahkan ke salah satu pemain. Seakan-akan Sho ini menghadapi sesuatu yang buruk ya. Tadi latihan nggak ada masalah, mainnya pun enggak ada masalah,” bebernya.

Aji Santoso meminta persoalan Sho Yamamoto tak perlu dibesar-besarkan. Alih-alih memberikan tekanan, pelatih asal Kepanjen ini meminta publik mendukungnya.

“Sho Yamamoto ini pemain, musim kemarin dia bermain bagus. Dia banyak mencetak gol, jadi menurut saya enggak ada masalah. Tidak perlu diberi tekanan yang berlebihan. Justru seharusnya didukung,” tegas Aji Santoso.

Sementara itu, Sho Yamamoto sendiri memutuskan menambah jam latihan di ketika semua rekan setimnya sudah membubarkan diri. Dia tampak fokus melatih sentuhan gol ditemani beberapa pemain Persebaya lainnya.

Diketahui, Aji Santoso memberikan kebebasan posisi bermain untuk Sho Yamamoto di Persebaya Surabaya agar merasa nyaman dan tentunya bisa secepatnya membuka keran gol di Liga 1 2023/24. 

“Sho ini posisinya berpindah-pindah, saya sudah sampaikan ke dia untuk fokus main di sayap dan fokus di gelandang serang,” beber Aji Santoso.

Posisi Sho bergantian dengan dua rekannya Ze Valente dan Song Ui- young. Ketiga pemain impor ini silih berganti memainkan peran sentral membangun serangan.

Tak jarang, mereka bertiga sukses merepotkan barisan pertahanan lawan hingga sukses memberikan umpan matang ke pemain depan Persebaya.

Sho Yamamoto sudah siap melawan PSIS Semarang dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2023-2024 pekan ke-3. Dia bahkan turut mengomentari keberadaan Taisei Marukawa di kubu seberang.

“Tidak ada masalah, Marukawa orang Jepang begitu juga saya. Hanya pertandingan normal tidak ada kompetisi di antara kami,” ungkapnya.

Menurutnya, bobot pertandingan PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya sama seperti yang lainnya. Persiapan tentu dilakukan supaya target poin penuh dapat diraih sesuai instruksi pelatih.