Liga 1

Bahagianya Gilbert Agius Bisa Akhiri Kekalahan Beruntun PSIS Kontra Persebaya

Senin, 17 Juli 2023 04:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Paulo Domingos Gali usai mencetak gol ke gawang Persebaya pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Paulo Domingos Gali usai mencetak gol ke gawang Persebaya pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23).

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang akhirnya bisa keluar dari bayang-bayang Persebaya Surabaya setelah dua kekalahan di Liga 1 musim lalu.

Kemenangan pada pekan ketiga Liga 1 2023-2024, Minggu (16/7/23), menjadi perlawan tim Mahesa Jenar atas banyaknya keraguan.

PSIS sejatinya tak diunggulkan untuk menang. Dua kekalahan pada musim lalu, ditambah performa impresif dalam dua pertandingan awal, membuat Persebaya lebih dijagokan untuk menang.

Namun ternyata Persebaya tak bisa berbuat banyak di Stadion Jatidiri Semarang. Tak fitnya kondisi Bruno Moreira membuat lini depan Persebaya kepayahan.

Paulo Victor tak bisa berbuat banyak ketika dikawal ketat Wahyu Prasetyo dan Lucas Gama. Sementara ketika Bruno masuk pada babak kedua, kondisinya tak seganas saat melawan Persis Solo ataupun Barito Putera.

Total dalam laga ini Persebaya hanya memiliki empat tembakan meski mencatatkan 52 persen penguasaan bola. Satu tembakan sempat berbuah gol dari kaki Paulo Victor tapi dinyatakan offside.

Tuan rumah bermain lebih efisien dengan 12 tembakan dan dua di antaranya berbuah dua gol lewat Carlos Fortes menit ke-78 dan 90+3. PSIS membalas kekalahan musim lalu dengan kemenangan dan clean sheet.

Pelatih PSIS, Gilbert Agius, memuji kerja keras yang ditunjukkan timnya. Di saat PSIS diragukan untuk menang atas Persebaya, para pemain tampil disiplin dalam menjalankan strategi.

"Saya bahagia, suporter juga bahagia dengan kemenangan ini dan para pemain menampilkan pertandingan yang bagus," kata Gilbert Agius usai pertandingan. 

Gilbert Agius menilai Persebaya tetaplah salah satu tim terbaik di Indonesia. PSIS bisa mengamankan kemenangan karena pola permainan Persebaya sukses dipatahkan.

Pelatih asal Malta ini menyanjung kemampuan yang dimiliki para pemainnya. PSIS tampil luar biasa ketika disiplin dalam mengantisipasi kelebihan Persebaya.

"Disiplin dan kerja keras pemain di lapangan menjadi kunci kemenangan. Kita tahu Persebaya tim yang bagus, tapi pada pertandingan ini kami bermain lebih baik dari Persebaya,"

"Kami bermain kompak. Saya bahagia ketika kita juga tidak kebobolan," ungkap Agius.

Kemenangan ini membuat PSIS mengoleksi enam poin hasil dua kemenangan dan sekali menelan kekalahan. Pada pekan keempat Liga 1 2023-2024, PSIS akan menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Jumat (21/7/23).