In-depth

Mengulas Kiprah Pemain Afrika di Manchester United Sebelum Andre Onana

Senin, 17 Juli 2023 17:00 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Ibraheem Al Omari
Pelatih dan kiper Timnas Kamerun, Rigobert Song (kiri) dan Andre Onana (REUTERS/Ibraheem Al Omari). Copyright: © REUTERS/Ibraheem Al Omari
Pelatih dan kiper Timnas Kamerun, Rigobert Song (kiri) dan Andre Onana (REUTERS/Ibraheem Al Omari).

INDOSPORT.COM - Selangkah lagi Andre Onana resmi bergabung ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2023 dan menjadi pemain Afrika kesembilan di Setan Merah.

Kepastian Andre Onana ke Manchester United dibocorkan oleh pakar bursa transfer asal Italia, Fabrizio Romano. Ia menyebut kalau proses sudah berjalan hingga 99,9%.

"Lebih lanjut tentang kesepakatan André Onana. Kesepakatan telah mencapai 99,9%, tinggal menunggu pemeriksaan akhir mengenai syarat pembayaran, kemudian dia akan melakukan perjalanan ke Manchester," tulis Romano di Twitter.

"Erik ten Hag langsung menelepon Onana dalam 48 jam terakhir untuk mengkonfirmasi bahwa tidak ada masalah, hanya masalah waktu. Sabarlah," imbuhnya.

Adapun nilai transfer Andre Onana disebutkan Romano beberapa waktu lalu mencapai 55 juta euro atau sekitar Rp918 miliar.

Untuk struktur pembayarannya, Manchester United lebih dulu membayar 50 juta euro. Sementara 5 juta sisanya adalah bonus.

Inter Milan sendiri dipastikan akan sibuk mencari kiper baru pada bursa transfer musim panas 2023. Simone Inzaghi selaku pelatih Inter Milan juga telah memberi kode bahwa Onana bakal hengkang dari Inter Milan.

Andre Onana memang bukan sosok asing bagi Erik ten Hag. Keduanya pernah bekerjasama saat masih membela klub Belanda, Ajax Amsterdam.

Sejak didatangkan oleh Inter Milan pada 2022, Andre Onana telah tampil dalam 41 pertandingan dan membuat 19 cleansheet serta 36 kali kebobolan di semua ajang.

Namun mampukah Andre Onana bisa menjadi pengganti yang lebih baik dari David de Gea di skuat Manchester United untuk musim 2023-2024?

Manchester United sendiri sebelumnya juga pernah mengandalkan pemain asal Afrika. Selain Andre Onana, saat ini Setan Merah memiliki dua pemain asal Afrika yakni Eric Bailly dan Amad Diallo.

Kemudia ada enam pemain asal Afrika lainnya yang pernah berseragam Manchester United. Lantas bagaimana kiprah mereka setekah gabung ke Old Trafford?