In-depth

Bedah Pramusim Karlsruher vs Liverpool, Debut Mac Allister dan Szoboszlai?

Rabu, 19 Juli 2023 10:13 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© liverpoolfc.com
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, akan melakoni laga pramusim pertamanya dengan berduel melawan Karlsruher, Rabu (19/07/23) malam WIB. Copyright: © liverpoolfc.com
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, akan melakoni laga pramusim pertamanya dengan berduel melawan Karlsruher, Rabu (19/07/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, akan melakoni laga pramusim pertamanya dengan berduel melawan Karlsruher, Rabu (19/07/23) malam WIB.

Usai aktif berbelanja kebutuhan pemain, kini Liverpool dan Jurgen Klopp dihadapkan pada pramusim untuk meramu skuadnya.

Dalam pramusim kali ini, tim berjuluk The Reds itu memilih menjalani pemusatan latihan di Jerman dengan memboyong 35 pemain.

35 pemain yang dibawa ini merupakan para pemain di tim utama dan juga para pemain akademi yang telah dipilih oleh Klopp.

Dalam pemusatan latihan di Jerman ini, tim asal Merseyside itu akan menghadapi Karlsruher terlebih dahulu sebagai awal mula tur pramusimnya.

Jelang laga Liverpool melawan Karlsruher ini, nama Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai akan menjadi pusat perhatian, mengingat keduanya berstatus pemain anyar.

Keduanya sama-sama berposisi sebagai gelandang serang. Lalu, bagaimana formasi yang akan diterapkan Jurgen Klopp jika keduanya melakoni debut untuk Liverpool di laga melawan Karlsruher?

Dengan kemungkinan keduanya menjalani debut bersamaan, ada kemungkinan Klopp memainkan formasi 4-3-3 dengan menggunakan skema Double 8.

© Buildlineup.com
Formasi Liverpool dengan skema Double 8. (Foto: Buildlineup.com) Copyright: Buildlineup.comFormasi Liverpool dengan skema Double 8. (Foto: Buildlineup.com)

Skema Double 8 akan membuat Mac Allister dan Szoboszlai melakukan Roaming sebagai gelandang Box to Box yang hanya berfokus pada penyerangan.

Skema ini akan membuat keduanya punya kebebasan dalam melakukan serangan, dan membiarkan pemain nomor 6 yakni Thiago Alcantara fokus dalam mengatur tempo.

Nantinya Thiago juga akan difokuskan dalam bertahan dengan dibantu satu Inverted Fullback yang bisa diperankan oleh Trent Alexander-Arnold saat menyerang dan Andrew Robertson kala bertahan.

Tapi apakah skema Double 8 dalam formasi 4-3-3 ini akan diterapkan untuk Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai di Liverpool? Atau justru Jurgen Klopp punya taktik lain bagi keduanya?